PolitikBerita

Demokrat: Megawati dan SBY Harus Bertemu

Jakarta, Deras.id – Pertemuan antara dua mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sangat dinanti oleh elite Partai Demokrat. Sebab, selama ini kedua tokoh tersebut dinilai mempunyai hubungan yang kurang baik.

“Aku berharap sekali, ini pendapatku secara pribadi, Pak SBY dan Ibu Mega ini bisa bertemu,” kata Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon, Rabu (14/6/2023).

Menurut Jansen, pertemuan dua tokoh politik itu akan memperjelas bagaimana hubungan mereka selama ini. Karena isu yang beredar, dua mantan presiden tersebut memang terlihat tidak akur.

“Ini membayangkan begini, tadi malam aku berdiskusi dengan teman aku berharap sekali Ibu Mega dan Pak SBY ini, ini kalau 2029 besok mungkin udah 80 tahun umurnya mereka. Bagaimana nanti sejarahwan 50 tahun lagi mencatat, karena mereka berdua ini nggak mungkin bisa dihilangkan dari sejarah Indonesia, orang mantan presiden,” tambahnya.

Baca Juga:  Berkat Tirakat Orang Tua, Alfian Jadi Jemaah Haji Termuda Asal Lamongan

Jansen lantas memberikan contoh pandangan generasi saat ini soal hubungan Presiden ke-2 Soeharto dan Presiden ke-3 BJ Habibie. Sehingga sejarah hubungan SBY dan Megawati harus diperjelas, biar generasi selanjutnya mengetahui secara jelas hubungan keduanya.

“Ada dulu, presiden RI ke-5 dan ke-6 hubungannya begini-begini. Kalau kita ngerti konteksnya. Ini mirip seperti ada adikku nanya ‘Bang, gimana dulu hubungan Pak Harto dan Pak Habibie, katanya nggak omongan ya? Sampai meninggal itu nggak cakapan ya’. Susah kita jelaskan, karena dia generasi sekarang,” tutur Jansen.

“Karena dalam catatan sejarah hari ini, orang menulis hubungan Pak Harto dan Pak Habibie itu tidak baik-baik aja. Kalau kita ngerti konteksnya, dulu tuh ada situasi tekanan mahasiswa Pak Harto mundur, harapannya waktu itu mungkin Pak Habibie itu juga bareng-bareng ikut mundur, bukan naik jadi presiden sebagaimana konstitusi,” imbuhnya.

Baca Juga:  Proses Keberangkatan Jemaah Haji ke Arafah Wajib Gunakan Smart Card

Penulis: Kusairi l Editor: Ifta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda