PolitikBerita

Demokrat Berharap Anies Pilih AHY sebagai Cawapres

Jakarta, Deras.id – Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KKP) sudah menyepakati satu nama yang akan mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Partai Demokrat berharap Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dipilih Anies sebagai cawapresnya.

“Kalau ditanyakan kepada internal Partai Demokrat, tentu kami semua sangat berharap AHY lah yang dipilih oleh Mas Anies. Bagaimanapun, Kader Demokrat di seluruh penjuru Tanah Air tentu sangat berharap Ketumnya menjadi Cawapres pilihan Mas Anies,” ujar Wakil Sekjen Demokrat Agust Jovan Latuconsina, Minggu (4/6/2023).

Meskipun demikian, Jovan menyerahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan untuk menentukan pasangan cawapresnya. l

Demokrat akan tetap menghargai keputusan Anies selama sosok yang dipilih sesuai kriteria yang sudah disepakati KKP.

“Bagi kami, hak mutlak ada pada Mas Anies selaku Bacapres yang telah kita usung. Dan kami tentu akan fatsun mengikuti pilihan Mas Anies, sepanjang pilihan tersebut memenuhi kelima kriteria yang sudah disepakati bersama, yang juga tercantum dalam piagam Koalisi,” katanya.

Baca Juga:  PKS Klaim Cawapres Anies Sudah Ada Nama

Lebih lanjut Jovan membeberkan lima kriteria yang sudah disepakati oleh KKP. Menurutnya, kelima kriteria tersebut harus ada dalam sosok cawapres yang akan mendampingi Anies.

“Pertama, berkontribusi dalam pemenangan, diwujudkan dengan tingkat elektabilitas yang tinggi, dan tingkat kerentanan politik yang rendah. Kedua, berkontribusi dalam memperkuat dan menjaga stabilitas koalisi. Ketiga, Berkontribusi dalam pengelolaan pemerintahan yang efektif. Keempat, memiliki visi yang sama dengan Calon Presiden. Kelima, berkomitmen membangun kebersamaan sebagai dwi-tunggal,” jelasnya.

Jovan meminta agar kriteria yang sudah disepakati tersebut dibandingkan dengan kandidat-kandidat yang ada selama ini.

Dia berharap cawapres yang dipilih sesuai kriteria dan akan membantu memenangkan pilpres 2024.

“Kalau masih penasaran, coba saja bandingkan kandidat-kandidat Bacawapres Mas Anies yang selama ini sering disebut-sebut, berdasarkan lima kriteria tersebut, dan lihat hasilnya. Yang jelas, Demokrat berharap, cawapres yang dipilih adalah yang terbaik, dan harus bisa membantu meraih kemenangan,” ucapnya.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi Instruksikan BPBD Sumbar Kirim Paket Rendang 1,3 Ton untuk Korban Gempa Cianjur

Oleh sebab itu, Jovan mengajak untuk menunggu keputusan Anies dalam menentukan cawapres. Sehingga akan diketahui sosok tersebut sesuai kriteria atau tidak.

“Jadi, sama-sama kita tunggu, siapa nama Bacawapres yang akan diumumkan oleh Mas Anies,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa sosok cawapresnya sudah ada. Namun, Anies enggan menyebut sosok tersebut karena masih panjang prosesnya.

Penulis: Diraf l Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda