BeritaNasional

Citibank Indonesia Tutup, UOB Resmi Akuisisi Bisnis Konsumer

Jakarta, Deras.id – United Overseas Bank Limited (UOB) mengumumkan penyelesaian akuisisi bisnis perbankan konsumer Citigroup di Indonesia serta terintegrasi penuh aset dan liabilitas Citibank Indonesia ke UOB Indonesia pada, Senin (20/11/2023). Akuisisi tersebut meliputi bisnis perbankan ritel, kartu kredit, pinjaman tanpa agunan, dan perpindahan karyawan.

“Penjualan ini tidak termasuk bisnis institutional banking Citi, dan Citi tetap fokus untuk melayani para klien institusional di Indonesia baik secara lokal, regional, maupun global,” tutur Head of Legacy Franchises Citi, Titi Cole dalam keterangan resmi dikutip Deras.id, Senin (20/11/2023).

Transaksi tersebut pertama kali diumumkan oleh Citi dan UOB sebagai perjanjian penjualan yang lebih luas yang mencakup perbankan konsumen di Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia pada Januari 2022. Penjualan di Malaysia selesai pada tanggal 1 November 2022, sedangkan penjualan di Vietnam selesai pada 1 Maret 2023.

Baca Juga:  Truk Tabrak Motor Lawan Arah di Jakarta Selatan, 5 Orang Terluka

Total keuntungan modal dari penjualan keempat bisnis konsumen tersebut kepada UOB sekitar US$1,1 Miliar, setara Rp16,0 Triliun dengan rata-rata kurs Rp15.397 per dolar AS. Keseluruhan akuisisi ini menambah jumlah karyawan UOB sebanyak hampir 5.000 orang pada tim Bank.

Jangkauan ritel UOB di empat negara tersebut dipercaya akan bertambah luas melalui ekspansi organik, didorong dengan basis nasabah ritel UOB di ASEAN yang hampir mencapai 8 Juta. Hal tersebut diperkirakan dapat mempercepat target pertumbuhan Bank dalam lima tahun ke depan.

UOB Indonesia berharap bisa terus melibatkan nasabah melalui pendekatan omni-channel, memperdalam kemampuan digital untuk mengakuisisi nasabah dan memenuhi kebutuhan perbankan dan gaya hidup nasabah, serta memberikan interaksi yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Sebagai informasi, Citibank Indonesia menutup kantor cabang serta mengalihkan layanan bisnis konsumer ke Bank UOB Indonesia pada 18 November 2023. Sementara itu, untuk layanan Citibank Online dan Citibank Mobile App beroperasi hanya sampai 17 November 2023 pukul 20.00 WIB.

Baca Juga:  Jokowi Pantau Perlintasan Gajah Di KM 12 Tol Pekanbaru-Dumai

Penulis: Risca l Editor: Ifta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda