PolitikBerita

Buzzer Anies Sebar Hoax TNI Tak Netral Soal Pilpres

Jakarta, Deras.id – Beredar video yang diunggah oleh akun Facebook (FB) Fredi Anto yang berisi narasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Namun video yang beredar tersebut adalah palsu atau hoax yang dibuat oleh buzzer Anies.

“Video itu adalah hoaks. Akun Facebook Fredi Anto dalam postingannya sering menyudutkan Presiden Joko Widodo dan capres lainnya serta merupakan akun buzzer dari pendukung Anies Baswesdan untuk menyukseskan Anies Baswedan sebagai presiden pada tahun 2024,” kata Kapuspen TNI, Laksamana Muda TNI Julius Widjojono dalam keterangannya, Minggu (18/6/2023)

Dari hasil penyelidikan, akun FB Fredi Anto terhubung dengan akun Facebook Tubari Arii dan akun YouTube Relawan Anies Baswedan. Akun diatas seringkali membuat video yang berisi TNI mendukung Anies.

Baca Juga:  Prancis Kirim Peralatan Militer ke Lebanon

“Akun Facebook Fredi Anto tergabung dalam Akun Grup Facebook Pak Anis Putra Terbaik Bangsa dan sering memposting video dengan narasi bahwa TNI mendukung Anies Baswedan yang merupakan berita hoaks karena isi video tersebut merupakan potongan dari beberapa video yang diedit dan dijahit,” tutur Julis.

“Mabes TNI dalam hal ini Satsiber TNI juga telah membuat surat kepada Dirjen Aptika Kemenkominfo untuk pembuatan label hoax terhadap akun facebook tersebut,” imbuhnya.

Demi menjaga kondusifitas suasana politik, Julius meminta agar publik menanggapi secara bijak jika terdapat konten foto atau video di sosial media. Julius juga menegaskan bahwa TNI akan tetap netral dalam kontestasi Pemilu 2024.

“Saya tegaskan bahwa semua tayangan atau berita yang menyatakan TNI mendukung salah satu kontestan atau calon itu adalah tidak benar alias ‘hoaks’. Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada setiap kesempatan selalu mengatakan TNI berada pada posisi netral dalam kontestasi politik di negeri ini,” pungkasnya.

Baca Juga:  Mahfud MD Pastikan Kasus Johnny G Plate Tak Ada Unsur Politisasi

Penulis: Kusairi l Editor: Ifta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda