BeritaNasional

Bahaya WhatsApp Palsu, Siber Polri Himbau Masyarakat untuk Hati-hati

Advertisement

Jakarta, Deras.id – Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menghimbau masyarakat untuk hati-hati, terutama terhadap sejumlah aplikasi WhatsApp palsu yang telah mencuri 1 juta data pengguna di Indonesia. Saat ditelisik oleh Meta, aplikasi jenis ini sudah merambah pada Mei 2022 lalu.

“Meta mengatakan aplikasi berbahaya ini tersedia untuk di unduh dari situs Seperti Google Play Store, APK Pure, APKSfree Store, iDescargar, dan Maladiva,” ungkap Siber Bareskrim Polri di akun Twitternya @CCICPolri pada Senin (31/10/22) siang

Aplikasi palsu tersebut di rancang oleh pelaku dengan menyusupkan malware yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi pribadi, termasuk otentifikasi akun, guna membajak akun whatsapp pengguna dan mengirim spam. Saat ini banyak perusaahan pula yang di identifikasi menggunakan WhatsApp palsu tersebut.

“Meta telah menggugat beberapa perusahaan  seperti Heymods, Higlight Mobi, dan Hey Whatsapp karena di sinyalir menggunakan whatsapp tidak resmi untuk mencuri lebih dari 1 juta akun,” tulis akun resmi Bareskrim Polri tersebut.

Untuk menyuguhkan keyakinan pada pengguna, aplikasi palsu tersebut membuat fitur baru yang tidak tertera dalam aplikasi WhatsApp yang asli.

Penulis: Putra Alam | Editor: Rifai

Advertisement

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda