BeritaNasional

Partai Ummat Diisukan Tak Lolos Verifikasi KPU, Amien Rais Angkat Bicara

Jakarta, Deras.id – Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Muhammad Amien Rais angkat bicara terkait isu bahwa partainya tidak lolos verifikasi oleh KPU, Selasa (13/12/2022). Amien menyampaikan adanya intervensi kekuatan politik besar dalam isu tidak lolos partainya tersebut.

Dalam unggahan video akun Instagramnya @amienraisofficial, Amien Rais menyampaikan kepada khalayak publik tentang informasi tak lolosnya Partai Ummat dalam gelaran Pemilihan Umum Tahun 2024 oleh KPU.

“Video ini kami buat setelah kami mendapatkan informasi A1 yang valid. Bahwa pada tanggal 14 Desember 2022 nanti seluruh partai baru dan partai non-parlemen akan diloloskan oleh KPU, kecuali Partai Ummat,” kata Amien dalam video berdurasi 3 menit 40 detik tersebut.

Menurut Amien dan partainya, keputusan tidak meloloskan Partai Ummat tersebut penuh dengan keanehan. Amien menyebut dari pemberitaan media yang beredar terkini, diduga telah dilakukan manipulasi data terkait partai yang lolos verifikasi oleh KPU.

“Bagi kami, keputusan yang akan dikeluarkan oleh KPU ini sangat bias dan penuh kejanggalan yang tidak masuk akal. Terlebih kita semua telah menyimak berita-berita hari ini di beberapa berita mainstream, yang mensinyalir adanya manipulasi oleh KPU untuk meloloskan partai-partai tertentu,” jelasnya.

Amien dan partainya menduga bahwa ada intervensi dari “kekuatan politik” yang besar dalam pengambilan keputusan mengenai lolos tidaknya sebuah partai dalam proses verifikasi yang dilakukan KPU, seperti yang diisukan terjadi pada Partai Ummat.

“Nampaknya atas perintah kekuatan yang besar, Partai Ummat disingkirkan out, atau satu-satunya yang disingkirkan, sehingga Partai Ummat tidak bisa mengikuti Pemilu 2024,” imbuhnya.

Sebagaimana informasi beredar, KPU diberitakan melakukan kecurangan atau pelanggaran dalam proses verifikasi data partai politik calon peserta Pemilu 2024. Terkait hal ini, KPU menyebutkan belum melakukan rekapitulasi nasional atas verifikasi faktual calon peserta Pemilu.

Penulis: Fausi l Editor: Ifta

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami