BeritaNasional

Isu Kaesang Menghilang, PSI: Sudah di Jakarta Sejak 28 Agustus

Jakarta, Deras.id – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) buka suara terkait keberadaan Ketua Umum Kaesang Pangarep yang diduga menghilang setelah polemik penggunaan fasilitas jet pribadi. Pihaknya menjelaskan bahwa Kaesang saat ini berada di Jakarta.

“Mas Kaesang Pangarep sudah berada di Jakarta sejak 28 Agustus 2024, pagi hari. Siangnya setelah salat Zuhur, Mas Kaesang langsung bergabung di DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim No 194, Tanah Abang, Jakarta Pusat,” kata Sekretaris Jenderal PSI, Raja Juli Antoni dalam keterangannya dikutip Deras.id, Rabu (4/9/2024).

Adapun kegiatan yang dilakukan pada saat itu yakni memimpin rapat koordinasi finalisasi dukungan Pilkada 2024 dan menandatangani berkas-berkas rekomendasi. Menurutnya, sejak 28 Agustus Kaesang hampir setiap hari selalu berkantor di DPP PSI.

“Hampir setiap hari setelah 28 Agustus 2024, Mas Kaesang ‘ngantor’ di DPP PSI. Bila tidak ke luar kota, sore atau malam setelah jam kantor, saya secara pribadi selalu bertemu dengan Mas Kaesang, berdiskusi tentang persiapan Pilkada 2024,” tutur Raja Juli Antoni.

Sebelumnya, Kaesang menjadi sorotan setelah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan gratifikasi penggunaan fasilitas jet pribadi. Pesawat tersebut milik perusahaan besar asing yang beroperasi di Indonesia.

Pesawat jet dengan tail number N588SE itu digunakan Kaesang bersama Erina ke Amerika Serikat pada pertengahan Agustus 2024. Belakangan, muncul video lain di media sosial yang memperlihatkan Kaesang dan Erina turun dari jet pribadi, diduga sedang mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Selain itu, Kaesang juga disorot atas dugaan pembelian sejumlah tas mewah, seperti Dior, Louis Vuitton, dan Hermes, yang dibawa dari luar negeri tanpa melalui pemeriksaan Bea dan Cukai. KPK dapat mengusut dugaan gratifikasi kepada Kaesang walaupun bukan penyelenggara negara.

Pasalnya, Kaesang merupakan sanak saudara dari para penyelenggara negara, yaitu anak dari Presiden Joko Widodo, adik dari wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, serta adik ipar Wali Kota Medan Bobby Nasution. KPK saat ini telah menerima laporan dugaan korupsi yang dilakukan Kaesang terkait penggunaan fasilitas jet pribadi tersebut. Pihaknya menyebut laporan tersebut masih dalam penelaahan.

“Jadi di sini akan dilihat kelengkapan dokumen pendukungnya maupun hal-hal yang bisa menjadikan pelaporan tersebut untuk bisa ditindaklanjuti ke tahap berikutnya,” jelas Jubir KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto.

Editor: Ifta

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami