BeritaInternasional

Rudal ICBM Milik Korea Utara Menghantam Jepang

Korea Utara, Deras.id – Rudal Balistik antar benua atau Intercontinental Ballistic Missile (ICBM) milik Korea Utara telah menghantam Jepang. Rudal itu  memiliki kecepatan ledakan sebesar 5,500 km hingga mencapai 15,000 km. 

”Rudal itu mendarat di laut sekitar 210 km atau 130 mil barat Hokkaido dan ditembakkan pada pukul 10.15 waktu setempat (02.15 GMT) dari dekat Ibu Kota Korea Utara, Pyongyang,” Ujar Perdana Menteri Jepang, Noda Yoshihiko Jumat (18/11/22).

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengecam insiden itu. Biden menilai hantaman rudal dari Jepang dapat memperkeruh kondisi kenegaraan. 

“Hal ini akan membuat kondisi semakin sengit ketika Korea Utara tidak segera menghentikan penyerangannya,” ungkap Biden pada pertemuannya dengan Presiden Korea Selatan, Kamis pada pertemuan kerja sama militer mereka.

Korea Utara telah menembakkan lebih dari 50 rudal selama dua bulan terakhir. Rudal yang diluncurkan kebanyakan dengan jangkauan jarak pendek. Peluncuran jarak jauh ini jarang ditembakkan. Hal ini dianggap ancaman langsung bagi AS, karena rudal dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir ke mana saja di daratan Jepang serta AS sebagai sekutunya.

Penulis: Lulu | Editor: Dian Cahyani

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami