HukumBeritaNasional

Empat Jenderal Polri Ikut Seleksi Calon Pimpinan KPK 2024-2029

Jakarta, Deras.id – Mabes Polri mengumumkan bahwa empat Perwira Tinggi Polri telah mendaftar sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029. Pengumuman ini disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, dalam konferensi pers pada Selasa (16/7/2024).

“Polri memberikan beberapa nama yang tentunya telah melalui seleksi dan memenuhi syarat. Ada empat nama dan ini merupakan personel terbaik di Polri,” ujar Trunoyudo.

Nama-nama yang disebutkan Trunoyudo antara lain Komjen Setyo Budianto, lulusan Akpol tahun 1989 yang kini menjabat sebagai Irjen di Kementerian Pertanian, dan Komjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra, lulusan Akpol tahun 1990 yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Utama di Lembaga Ketahanan Nasional. Panca Putra juga memiliki pengalaman di KPK, pernah menjabat sebagai Direktur Penyidikan KPK 2018-2020 dan Kapolda Sumatera Utara. Selain itu, ada juga Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Djoko Poerwanto, dan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK, Irjen Didik Agung Wijanarko.

“Keempat personel tersebut adalah merupakan personil yang terbaik dimana dengan adanya panitia seleksi Capim KPK tentu Polri menjawab sebagai suatu usulan,” tambah Trunoyudo.

Sebelumnya, sejumlah nama telah menyatakan maju dalam seleksi capim KPK. Dua di antaranya adalah komisioner petahana, Nurul Ghufron dan Johanis Tanak.

Selain itu, ada Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM) KPK, Harry Muryanto; mantan Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) KPK, Giri Suprapdiono; mantan Kepala Training Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC), Hotman Tambunan; dan mantan Kepala Bagian Rumah Tangga KPK, Arien Marttanti Koesniar.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, juga ikut mencalonkan diri. Begitu pula mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said.

Editor: Saiful

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami