Berita

Polda Jatim Berhasil Gagalkan Pengiriman 5.000 Detonator Bom Ikan

Situbondo, Deras.id – Polda Jatim berhasil meringkus Mastur, pria asal Kepulauan Raas Madura yang hendak melakukan pengiriman 5.000 detonator bom ikan di Palabuhan Jangkar, Situbondo, Rabu (09/11/2022). Rencananya ribuan detonator bom ikan tersebut akan dijual ke Provinsi Sulawesi dan Kalimantan.

“Benar ada temuan bahan detonator bom ikan. Ditemukan di wilayah perairan Situbondo Pelabuhan Jangkar. Jumlahnya kurang lebih 5.000 bom ikan dan itu rencana akan dijual ke wilayah Sulawesi dan Kalimantan,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto.

5.000 detonator bom aktif tersebut diselundupkan di dalam kardus mie instan melalui kapal. Ia menyamar sebagai nelayan dan hal ini berhasil diketahui kepolisian yang juga melakukan penyamaran.

Ditangkapnya Mastur merupakan buntut dari upaya penjagaan lingkungan dan terumbu karang setempat. Sementara itu bom ikan yang diamankan berpotensi merusak lingkungan perairan.

“Menggunakan bom ikan itu akan merusak lingkungan di perairan dan merusak terumbu karang,ini sangat di
larang. Kita harus basmi itu,” ungkap Dirmanto.

Lebih lanjut Dirmanto menegaskan bahwa penyelundup dintator bom ikan ini tidak berkaitan dengan jaringan teroris untuk mengganggu KTT G20 di Bali.

“Sekali lagi itu bom ikan ya, tidak ada kaitnnya dengan KTT G20 Bali,“ ungkap Dirmanto kepada media, Jumat (11/11/2022).

Penulis: Faruqi l Editor: Ifta

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami