BeritaNasional

Gunung Anak Krakatau Erupsi Kembali, Abu Letusan Mengarah Ke Timur

Jakarta, Deras.id – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) menginformasikan Gunung Anak Krakatau kembali mengalami erupsi pada Jumat (11/11/2022). Letusan tersebut terjadi pukul 10.47 WIB dengan kolom abu berwarna kelabu mengarah ke timur.

“Terjadi erupsi G. Anak Krakatau pada hari Jumat, 11 November 2022, pukul 10:47 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 200 m di atas puncak (kurang lebih 357 m diatas permukaan laut),” tulis PVMG melalui akun Twitter resmi miliknya @PVMG_.

Pusat Vulkanologi menjelaskan erupsi pada Gunung Anak Krakatau ini terekam di sismograf dengan amplitude maksimum 49 mm dengan durasi 96 detik.

Lebih lanjut, PVMG mengimbau kepada masyarakat atau pengunjung, termasuk kepada para pendaki untuk tidak mendekat atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.

Gunung Anak Krakatau terletak di Kab/Kota lampung Selatan, Lampung dengan posisi geografisd di Latitude -6.102 derajad Lintang Utara, Longitude 105.423 derajad Bujur Timur dan memiliki ketinggian 157 mdpl. Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level III (siaga).

Penulis: Saiful | Editor: Ifta

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami