NasionalBerita

Jokowi Tunjuk Mahfud MD sebagai Plt Menkominfo

Jakarta, Deras.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD menjadi Plt Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Penunjukan ini dilakukan usai Menteri Kominfo Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi BTS.

“Plt-nya Pak Menko Polhukam,” ujar Jokowi, Jumat (19/5/2023).

Sebelumnya, Jokowi resmi memberhentikan Johnny G Plate sebagai menteri Kominfo usai ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan atas kasus korupsi BTS Bakti Kominfo.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 41/P Tahun 2023 mengenai Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

“Dalam rangka meningkatkan efektivitas kinerja dan menjamin kelancaran tugas dan fungsi Kementerian Kominfo sampai pengangkatan Menkominfo definitif,” tulisan dalam Keppres.

Dalam keputusan tersebut, Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas pengabdiannya Johnny G Plate sebagai Menkominfo.

Keppres tersebut diputuskan di Jakarta pada 19 Mei 2023 dan berlaku sejak tanggal ditetapkan.

“Disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut,” lanjut tulisan keppres.

Dalam kasus tersebut, Jokowi menungkapkan bahwa menghormati proses hukum kasus korupsi proyek BTS yang menjerat Johnny G Plate. Bahkan ia yakin Kejaksaan Agung telah bekerja profesional.

“Ya kita menghormati kita harus menghormati proses hukum yang ada,” jelas Jokowi.

Selain itu, Jokowi menepis isu yang berkembang soal adanya intervensi politik dalam kasus Johnny G Plate. Jokowi menegaskan bahwa Kejagung transparan dalam kasus tersebut.

“Yang jelas Kejaksaan Agung pasti profesional dan terbuka terhadap semua yang berkaitan dengan kasus itu,” tegas Jokowi.

Diketahui sebelumnya, beredar isu tertangkapnya Johnny G Plate sebagai tersangka korupso BTS tidak lepas dari intervensi politik.

Isu tersebut mencuat usai Partai Nasdem mengusung Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

Penulis: Diraf l Editor: Rifai

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami