BeritaNasional

BI Layani Penukaran Uang Baru di Rest Area KM 57 Jakarta-Cikampek

Jakarta, Deras.id – Bank Indonesia (BI) menyediakan layanan penukaran uang baru di rest area jalan km 57 Jakarta-Cikampek. Tersedianya layanan penukaran guna memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran 2023.

“Penukaran uang uang disediakan Bank Indonesia di Rest Area Km 57 Jakarta-Cikampek kian diserbu pemudik maupun masyarakat setempat,” bunyi keterangan tertulis pada akun Instagram @bank_indonesia dikutip Deras.id, Minggu (16/4/2023).

BI juga mengandeng 7 bank lainnya membuka layanan penukaran uang baru mulai tanggal 13-17 April 2023. Dana yang disediakan oleh BI  untuk penukaran uang ini, per harinya mencapai Rp11 miliar. 

Selain layanan penukaran uang, BI juga menyediakan fasilitas untuk pemudik dalam menunjang kenyamanan saat menukarkan uang. Fasilitas yang disediakan mulai dari kursi pijat, tempat bermain untuk anak, vending machine coffee Rp1 scan QRIS, charging station, serta pemeriksaan kesehatan bagi pemudik.

Layanan penukaran uang tersedia dibeberapa titik lokasi rest area. Sehingga masyarakat dapat menukarkan uang di titik yang telah disediakan oleh BI dan Perbankan saat dalam perjalanan mudik. 

“Ada 14 titik lokasi rest area sepanjang tol Jawa dan 6 titik lokasi di rest area yang berada di tol Sumatera mulai dari Lampung, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan,” ucap Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Ameriza M Moesa.

Pemudik dapat menukar uang baru melalui website pintar.bi.go.id atau datang langsung dan melakukan penukaran pada perbankan yang ada di lokasi. Sebagai informasi, masyarakat yang akan melakukan penukaran uang harus membawa uang cash dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk verifikasi dan bukti pendaftaran di PINTAR.

Setiap KTP hanya bisa menukar satu paket Rp3,8 juta per hari dengan pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, serta Rp1.000. Ketentuan paket ini agar penyaluran uang baru dapat merata kepada masyarakat.

Penulis: Risca l Editor: Rifai

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami