BeritaNasional

Jalur Kereta Api Trans Sumatera Lhokseumawe-Bireuen Mulai Diuji Coba

Lhokseumawe, Deras.id – Pembangunan pembangunan jalur Kereta Api Trans Sumatera di Aceh terus dilakukan. Rute Lhokseumawe-Bireuen mulai diuji coba dengan Kereta Rel Diesel (KRD) Cut Meutia.

Kereta ini beroperasi sebagai kereta perintis melayani rute Stasiun (St) Krueng Geukueh-St. Bungkaih-St. Krueng Mane, yang merupakan bagian dari jalur kereta api lintas Lhokseumawe-Bireuen.

Satu set train set yang terdiri dari dua kereta, melayani perjalanan komuter sebanyak 7 kali perjalanan setiap harinya dengan tarif Rp2000.

Layanan KRD Cut Meutia buatan dalam negeri dari PT INKA ini akan terus diperpanjang pelayanannya melintasi sejumlah stasiun. Di antaranya Stasiun Krueng Geukueh-Bungkaih-Krueng Mane-Geurugok hingga Kutablang.

“Kami tengah upayakan pembangunannya bisa selesai, sehingga bisa beroperasi dengan kecepatan yang bisa terus ditingkatkan. Kalau ini sudah selesai, saya akan mengundang bapak Presiden Jokowi untuk hadir ke sini,” kata Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi saat mencoba KRD Cut Meutia, dikutip Minggu (2/4/2023).

Menhub menjelaskan, pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan angkutan massal kereta api di Provinsi Aceh. Kebijakan ini untuk memperlancar konektivitas penumpang maupun barang baik antar provinsi, kota, maupun kabupaten.

“Pembangunan infrastruktur kereta api di Aceh harus terus dilanjutkan, karena Aceh ini penuh potensi ekonomi yang dapat terus dikembangkan. Hadirnya Kereta Cut Meutia ini menjadi satu bukti nyata perhatian kami dalam mengembangkan layanan angkutan massal di Aceh,” lanjut Budi Karya Sumadi.

Selain berupaya menyelesaikan jalur kereta dari St. Krueng Geukueh ke St. Kutablang, saat ini juga tengah dilakukan upaya penyelesaian jalur kereta api Krueng Geukueh-Paloh.

Jalur kereta api lintas Lhokseumawe-Bireuen yang tengah dibangun ini melewati sejumlah daerah, yakni Lhokseumawe-Goa Jepang-Paloh-Krueng Geukueh-Krueng Mane-Geurugok-Kutablang-Matang Glumpang Dua-Tanoh Mirah-Bireuen. Jalur kereta api ini memiliki lebar rel berukuran 1.435 mm (standard gauge), atau sama dengan jalur kereta api Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan.

Menhub juga meninjau perkembangan pembangunan jalur kereta api Besitang-Langsa, yang menghubungkan dua provinsi yaitu Sumatera Utara dengan Aceh.

Penulis: SN | Editor: Rifai

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami