BeritaNasional

Filianingsih Hendarta Disetujui DPR Jadi Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ini Sosoknya

Jakarta, Deras.id – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui Filianingsih Hendarta menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Periode 2023-2028. Keputusan itu ditetapkan Komisi XI DPR RI usai menggelar fit and proper test Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Filianingsih Hendarta yang saat ini menjabat Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia setelah dilantik akan menggantikan Dody Budi Waluyo yang akan berakhir masa tugasnya.

“Melalui pertimbangan di rapat internal kami tadi, diputuskan secara aklamasi adalah Filianingsih,” kata anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Mishbakhun di Jakarta, Senin (13/2/2023).

Filianingsih memiliki karir yang panjang di Bank Indonesia dan kompeten di bidangnya. Sehingga dia dianggap mumpuni menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Sosok Filianingsih Hendarta berkarir di Bank Indonesia sejak 1986. Dikutip dari laman bi.go.id, perempuan kelahiran Surabaya, Jawa Timur ini merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga tahun 1985.

Selanjutnya, dia merintis karir di Bank Indonesia. Pada tahun 1992, Filianingsih meraih gelar Master di bidang Economics & Finance dari Boston University, Amerika Serikat.

Karirnya di Bank Indonesia terus meningkat hingga menjadi Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (2013-2015).

Selanjutnya Filianingsih menjadi Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial (2015-2019). Sejak tahun 2019, dia menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran.

Setelah persetujuan DPR RI, maka akan diumumkan dalam Rapat Sidang Paripurna dan hasilnya diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penulis: SN | Editor: Rifai

Show More
Dapatkan berita terupdate dari Deras ID di:

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda, Untuk Menikmati Konten Kami