BeritaNasional

8 Proyek Pembangunan Berkelanjutan di Jakarta Ditawarkan ke Investor

Jakarta, Deras.id – Pemprov Dakai Jakarta menawarkan kepada investor 8 proyek pembangunan berkelanjutan. Peluang investasi ini muncul karena adanya transisi pembangunan di Indonesia.

“Peluang investasi muncul pada transisi pembangunan misalnya relokasi ibu kota, konstruksi pembangunan berorientasi transit dan rencana tata ruang terperinci berbasis investasi,” tutur Kepala Unit Pengelola Jakarta Investment Centre (JIC) DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Tona Hutauruk pada akun YouTube Jakarta Investment Centre dikutip Deras.id, Rabu (7/6/2023). 

Proyek yang ditawarkan meliputi Stasiun MRTJ Bundaran HI, Stasiun MRTJ Fatmawati, Dek Pejalan Kaki Dukuh Atas, Blok M Mixed Use, Pembangunan Terpadu Rorotan, Lot A Ancol, Lot B Ancol, dan Pengembangan Ancol Barat. Peluang investasi di Jakarta masih cukup menarik.

Peluang investasi muncul pada transisi pembangunan, misalnya relokasi ibu kota, kontruksi pembangunan berorientasi transit, serta rencana tata ruang terperinci berbasis investasi. Pascarelokasi Ibu kota, Jakarta akan memiliki peran sebagai pusat perdagangan, jasa keuangan, moneter, perizinan penanaman modal serta kegiatan usaha nasional dalam skala regional dan global. Hal tersebut merupakan pendekatan yang akan dilakukan di masa depan.

Baca Juga:  Sorot UU KUHP Baru, AS Ancam Investor Bisa Kabur dari Indonesia

Konstruksi pembangunan berorientasi transit, dan rencana tata ruang terperinci berbasis investasi. Pergeseran kebijakan yang menguntungkan pascarelokasi ibu kota juga akan datang. Struktur permodalan dan produk keuangan harus terintegrasi dengan biaya investasi yang dibutuhkan oleh pengembangan wilayah skala besar.

“Ke depan Pemprov DKI Jakarta akan fokus pada pembangunan (kembali) perkotaan di beberapa titik di seluruh kota, menggunakan pembangunan berorientasi transit atau Transit Oriented Development (TOD) sebagai konsep utamanya,” kata Tona Hutauruk.

Diketahui, pembahasan ini disampaikan pada Webinar bertema Unlocking Jakarta‚Äôs Potential: Opportunities and Challenges yang merupakan acara tahunan ketiga Jakarta Investment Forum. 

“Tahun ini adalah acara tahunan ketiga Jakarta Investment Forum. Dan kami juga mengadakan beberapa seminar dan webinar yang disebut JIC talks dan menghadiri forum bisnis. JIC juga mempromosikan proyek-proyek investasi potensial. Kami melakukan kerja sama yang erat dengan kedutaan, IPC, kamar dagang, dan lain-lain,” ucapnya.

Baca Juga:  Gus Muhaimin Ajak Masyarakat Gotong Royong Hadapi Pasang Surut Ekonomi

Penulis: Risca l Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda