NasionalBerita

Politisi Golkar Beberkan PR Maruli Simanjuntak usai dilantik jadi KSAD

Jakarta, deras.id – Jendral TNI Maruli Simanjuntak telah resmi dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang menjadi panglima TNI. Menanggapi hal tersebut, Politisi Golkar Dave Laksono membeberkan beberapa pekerjaan rumah yang harus ditangani oleh Maruli Simanjuntak sebagai KSAD yang baru.

“Misalnya situasi di Papua satu hal lalu perumahan prajurit, kesejahteraan prajurit, pendidikan bagi para prajurit TNI,” ujar Dave Laksono di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Dave juga menyinggung soal alutista dan penegakan hukum di Indonesia. Menurutnya, hal tersebut harus menjadi perhatian Maruli sebagai pemimpin KSAD.

Selain itu, Dave mengatakan dalam memasuki tahun politik netralitas TNI harus terus dijaga. Sebab menurutnya, TNI harus memastikan keamanan pemilu dan netralitas pemilu.

Baca Juga:  Perang Dunia Ketiga Bisa Meletus Jika Ini Terjadi

“Kita lagi masuk ke pemilu pasti juga akan dituntut memastikan bahwa TNI memiliki netralitas,” kata Dave.

Anggota Komisi I DPR RI tersebut menjelaskan berbagai permasalahan tersebut selama ini belum terselesaikan dengan baik oleh KSAD sebelumnya. Oleh sebab itu, permasalahan tersebut akan menjadi catatan penting sekaligus tugas berat yang harus diselesaikan.

Meskipuin demikian, Dave mengaku optimis dengan sosok Maruli Simanjuntak sebagai pemimpin tertinggi TNI AD tersebut. Dave yakin menantu Luhut Binsar Panjaitan itu mampu melaksanakan tugas dan menyeleseikan seluruh tugas dan pekerjaan rumahnya dengan baik.

Lebih lanjut Dave menegaskan Komisi I siap membantu dan bersinergi dengan pimpinan TNI. Menurutnya, sinergi tersebut dibutuhkan untuk menyelesaikan segala persoalan-persoalan yang ada di negara Indonesia.

Sementara, Maruli Simanjutkan usai dilantik oleh presiden Jokowi mengatakan bahwa ia menjamin netralitas TNI AD dalam pemilu 2024 mendatang. Ia menegaskan tak akan segan memberikan sanksi kepada prajurit TNI yang berpihak dalam pemilu mendatang.

Baca Juga:  PBNU Undang Jokowi Hadiri Peringatan 1 Abad NU

“Presiden menekankan tadi yang saya sampaikan, bahwa AD itu sebetulnya secara survei sudah baik, itu kalau bisa ditingkatkan lebih baik. Dan juga mengenai netralitas [Pemilu] itu yang beliau sangat tekankan,” tegas Maruli di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Penulis: Diraf l Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda