Uncategorized

Kiat-Kiat mengkhatamkan Al-Qur’an Selama Bulan Puasa

Jakarta, Deras.id – Membaca Al-Qur’an merupakan anjuran dalam agama sebagaimana ayat kesatu dalam surat pertama “Iqra’” yang artinya bacalah. Jumhur ulama’ sepakat dalam menafsirkan kalimat tersebut sebagau anjuran untuk membaca segala sesuatu yang bisa dibaca, terutama membaca Al-Qur’an. Selain itu dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi menjelaskan bahwa Nabi Muhammad bersabda tatkala umat islam membaca satu huruf dalam Kalam-Nya dinilai sebagai satu kebaikan yang akan dilipatgandakan menjadi 10 kali pahala:

وَعَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ “مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ حَسَنَةٌ وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا , لاَ أَقُوْلُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيْمٌ حَرْفٌ

Artinya: “Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tetapi aliif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf.” (HR. Tirmidzi, no. 2910)

Baca Juga:  Cara Memilih Diet yang Cocok untuk Diri Sendiri

Berdasarkan penjelasan di atas umat islam menjadikan Al-Qur’an sebagai amaliah yang sudah biasa dilakukan setiap hari hingga menjadi kebiasaan. Terlebih saat memasuki bulan suci Ramadan, umat islam berlomba-lomba meraup banyak pahala dari membaca Al-Qur’an karena sangat dianjurkan.

Bahkan mengkhatamkan Al-Quran selama bulan suci Ramdhan sudah menjadi tradisi yang melekat dengan umat islam. Mengkhatamkan Al-Qur’an saat Ramadhan merupakan ibadah yang dilakukan oleh hampir setiap umat islam baik secara individu maupun tadarus sampai selesai 30 Juz.

Sebab itulah Sobat Deras jangan sampai melewatkan kesempatan selama bulan Ramadan tanpa hatam Al-Qur’an walaupun hanya satu kali. Kami akan bagikan kiat-kiat agar sobat deras bisa khatam Al-Qur’an di tengah kesibukannya masing masing.

Pertama Sobat cukup menargetkan 1 Juz setiap hari sehingga genap 30 hari puasa Sobat deras sudah hatam 1 kali. Jika satu Juz terasa berat sobat deras bisa membaginya dengan cara membaca 2 lembar setiap selesai sholat Fardhlu, dengan demikian 1 juz yang berisi 10 lembar akan selesai dengan mudah.

Baca Juga:  Alokasi Dana Fiskal di 62 Daerah Tertinggal Ditetapkan Rp1 Triliun

Sangat ringan kan jika kita lakukan cara begitu? Selamat mencoba Sobat Deras, semoga niat hatam 1 juz di bulan suci Ramadan kali ini dapat diamalkan dengan sempurna dan mudah.

Penulis: M.FSA I Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda