Uncategorized

Jakarta Tempati Peringkat Kedua Kualitas Udara Terburuk

Jakarta, Deras.id – Jakarta menempati peringkat kedua terburuk dalam hal kualitas udara di seluruh dunia pada Senin, 26 Juni 2023. Indeks kualitas udara mencapai 132, dengan PM 2,5 sebagai polutan utama, yang membuat udara di Jakarta tidak sehat bagi kelompok sensitif.

“Konsentrasi PM 2.5 di Jakarta saat ini 9.6 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO,” tulis situs IQAir.

Data kualitas udara di Jakarta dikumpulkan oleh 22 kontributor, termasuk PurpleAir, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan AirNow. Menurut IQAir, kualitas udara di Jakarta saat itu lebih dari 9 kali lipat dari panduan WHO untuk kualitas udara tahunan.

“kualitas udara di Jakarta saat itu lebih dari 9 kali lipat dari panduan WHO untuk kualitas udara tahunan,” lanjutnya.

Baca Juga:  Beberapa Jalan Paling Macet Di Jakarta

Montreal, Kanada, menempati peringkat pertama sebagai kota dengan kualitas udara terburuk, dengan indeks mencapai 196. Data ini menunjukkan masalah serius polusi udara yang dihadapi oleh Jakarta dan kota-kota lain di seluruh dunia.

Untuk melindungi diri dari polusi udara, saran yang diberikan oleh IQAir termasuk memakai masker, menggunakan penyaring udara (air purifier), menutup jendela, dan menghindari aktivitas di luar ruangan. Upaya ini penting untuk menjaga kesehatan warga sensitif dan mengurangi dampak buruk polusi udara.

“tetap gunakan masker, kurangi aktifitas luar ruangan serta jaga kesehatan,” ungkapnya.

Di samping masalah kualitas udara, Jakarta juga mengalami cuaca berkabut dengan suhu sekitar 27°C. Kelembapan udara mencapai 83% dan kecepatan angin sebesar 9,3 km/jam. Tekanan atmosfer berada pada angka 1.012 mbar (millibar).

Baca Juga:  Konser SMTOWN LIVE 2023 Jakarta Digelar 23 September, Cek Daftar Artis dan Jadwal War Tiketnya!

Data ini menggarisbawahi perlunya tindakan serius untuk meningkatkan kualitas udara di Jakarta dan mengatasi masalah polusi udara yang menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat.

Penulis: Putra Alam | Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda