EntertaimentInternasional

Idap Kanker Tiroid, Park So Dam Sempat Kehilangan Suara

Jakarta, Deras.id – Aktris cantik Park So Dam baru-baru ini membagikan perjuangannya melawan kanker tiroid yang dideritanya. Kisah ini dia sampaikan saat menjadi bintang tamu bersama Seo In Guk dalam acara ‘Jo Hyunah’s Thursday Night’ pada Senin (11/12/2023).

Park So Dam dan Seo In Guk diundang sebagai rekan kerja dalam proyek drama ‘Death’s Game’ yang dijadwalkan tayang pada 15 Desember 2023. Saat acara hendak dimulai, Jo Hyunah yang menjadi tuan rumah itu mengatakan bahwa episode kali ini akan sedikit berbeda karena mereka tidak akan minum alkohol. Dia menekankan bahwa Park So Dam belum lama pulih dari kanker tiroid. Namun, Park So Dam mengaku bahwa saat ini dirinya sudah bisa minum alkohol.

“Kita bisa minum. Aku sebenarnya bertanya kepada dokter yang melakukan operasi padaku. Dia mengatakan bahwa sudah lama sejak aku menjalani operasi, dan mungkin akan baik jika orang-orang melihatku mengatakan bahwa sekarang aku kuat dan operasinya berjalan dengan baik,” ujar Park So Dam.

Meskipun saat ini Park So Dam telah bisa makan dan minum dengan baik, dia tetap merasa prihatin kepada orang lain yang mengalami hal serupa dengannya. Jadi, dia memutuskan selama wawancara tersebut untuk tidak minum alkohol.

“Hal yang membuatku khawatir adalah ketika memikirkan orang-orang yang mengalami rasa sakit yang sama sepertiku, jadi aku harus berhati-hati. Namun, dokterku mengatakan kepadaku bahwa aku tidak apa-apa untuk minum. Itu hanya pilihanku untuk tidak minum hari ini. Aku ingin melihat eonnie (Jo Hyunah) minum,” tambahnya.

Baca Juga:  Terjerat Kasus Ganja, Gigi Hadid Bebas Usai Bayar Rp 15 juta

Setelah itu, Park So Dam membeberkan perjuangannya di balik layar saat syuting ‘Death’s Game’ karena operasi kankernya. Dia mengatakan bahwa tawaran untuk berperan dalam drama ‘Death’s Game’ ini terjadi tidak lami setelah operasinya, sehingga suaranya belum pulih sepenuhnya. Bahkan kepalanya tidak bisa menoleh sepenuhnya. Dalam proyek ini, Park So Dam mengungkapkan ada yang berbeda dari kebiasaannya mendalami karakter. Biasanya, dia akan membaca naskah untuk mendalami karakter sebuah peran. Namun, untuk proyek kali ini, Park So Dam lebih banyak menonton sambil mendalami karakter Seo In Guk, yakni Cho Yi Jae.

“Saat itu suaraku tidak keluar. Butuh waktu sekitar delapan bulan sampai suaraku kembali. Sebenarnya belum lama ini sembuh. Sampai saat itu, aku berusaha sebaik mungkin untuk pulih secepatnya dan bekerja keras untuk menjadi lebih baik,” ucap Park So Dam.

Park So Dam juga menjelaskan kesulitannya selama menjalani pengobatan kanker.
Bintang ‘Parasite’ itu mengungkapkan bahwa pengobatannya berdampak pada kondisi fisik dan mentalnya. Bahkan saat syuting paruh pertama drama ‘Death’s Game’, dia merasa kesulitan dan berujung menangis setiap hari di rumah. Meski begitu, Park So Dam tidak ingin menunjukkan rasa sakitnya selama proses syuting karena takut menimbulkan ketidaknyamanan.

Baca Juga:  Begini Penjelasan Teori Quantum di Film Ant Man pada Kehidupan Nyata

“Pikiran terbesarku adalah tidak menimbulkan masalah pada sutradara yang memilihku, staf, dan lawan mainku. Namun, menanggungnya sendiri sering kali berdampak pada fisikku. Aku memulai pertunjukan dengan berpikir aku baik-baik saja, tetapi sangat sulit melihat diriku tidak mampu mengatasinya. Aku menangis sambil berpikir, ‘Apakah aku baik-baik saja?’ tapi sekarang, aku benar baik-baik saja,” lanjutnya.

Di sisi lain, Park So Dam juga membagikan kisahnya melawan kanker tiroid yang dideritanya sejak Desember 2021 ini, saat menghadiri konferensi pers promosi drama ‘Death’s Game’ pada Rabu (13/12/2023). Dia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua orang atas dukungan yang selama ini diberikan padanya.

“Aku yakin aku mungkin telah menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang. Sejujurnya, ada aspek-aspek tertentu dari proses pemulihanku yang terbukti menantang. Mereka yang pernah menghadapi cobaan serupa akan memahaminya. Meskipun demikian merasa baik-baik saja secara emosional dan fisik, ada kalanya membuatku mengalami gejolak emosi yang signifikan, seperti baterai yang terkuras habis,” katanya.

Park So Dam mengatakan bahwa sutradara ‘Death’s Game’ meyakinkannya untuk ikut berperan dalam drama ini meski saat itu suaranya sedang habis. Sutradara itu memberitahunya bahwa masih ada cukup waktu sebelum syuting dimulai, sehingga Park So Dam dapat pulih terlebih dahulu. Berkat itu, Park So Dam mengakui dia mendapatkan keberanian dan motivasi untuk melakukan peran ini dengan baik.

Baca Juga:  Ricardo Mejia Resmi Calonkan Diri Jadi Gubernur Coahuila

”Meskipun terkadang aku masih menghadapi pasang surut yang tidak bisa aku kendalikan, aku menemukan kekuatan yang luar biasa ketika aku berada di lokasi syuting. Seo In Guk juga perhatian, mengungkapkan harapan tinggi dan mengantisipasi melihatku dalam kondisi terbaikku,” imbuhnya

Saat ini, Park So Dam merasa sangat bersyukur dengan kondisinya yang telah pulih dari kanker tiroid dan bisa beraktivitas kembali seperti dulu. Karena ada suatu waktu dia tidak bisa bangun dari tempat tidur tanpa bantuan ayahnya. Kemudian, dia mengutip baris dalam drama tersebut yang selalu diingatnya.

“Manusia hanya mati sekali dalam jangka waktu yang lama. Melihat karya ini akan mengingatkan penonton akan betapa berharganya kehidupan sehari-hari,” ujar Park So Dam.

Sementara itu, Park So Dam akan beradu akting dengan Seo In Guk, Go Yoon Jung, dan masih banyak lagi dengan memerankan karakter Death. Drama yang diadaptasi dari webtoon populer dengan judul yang sama, akan menggambarkan kisah tentang seseorang yang memulai hidup baru setelah kematian. Drama ini akan tayang perdana di TVING pada 15 Desember 2023 untuk bagian pertama, disusul dengan bagian kedua yang akan rilis pada 5 Januari 2024.

Penulis: Dinda | Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda