Lifestyle

Vitamin Terbaik untuk Kulit dan Rambut Kering

Jakarta, Deras.id – Rambut berkilau dan terhidrasi sulit didapat hanya dengan kondisioner yang baik saja. Itulah mengapa sangat penting untuk memperhatikan apa yang anda gunakan untuk rambut dan apa yang anda masukkan ke dalam tubuh, termasuk suplemen.  Kebanyakan orang ingin memiliki rambut sehat dan kulit bercahaya. Namun faktanya, penyebab stres, pola makan yang buruk, serta rutinitas kesehatan dan kecantikan yang tidak konsisten dapat membuat tujuan tersebut sulit dicapai.

Dalam banyak kasus, orang beralih ke suplemen atau vitamin untuk meningkatkan kadar nutrisi dan memperbaiki tampilan serta tekstur rambut dan kulit. Namun suplemen mana yang baik rambut berkilau, sehat, dan kulit halus bercahaya?

  • Zat besi

Kekurangan zat besi adalah salah satu ketidakseimbangan nutrisi yang paling umum ditemukan di dunia. Secara khusus, kadar zat besi yang rendah juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Untungnya, zat besi dapat ditemukan dalam sayuran berdaun gelap, kacang-kacangan, dan daging. Suplemen zat besi juga dapat membantu mengatasi kondisi ini.

  • Vitamin A
Baca Juga:  Mengenal Es Krim Mixue yang Kedainya Menjamur Di mana-mana

Orang yang mengalami masalah rambut atau kulit kering kronis harus memprioritaskan peningkatan konsumsi vitamin A. Vitamin ini dianggap sangat penting untuk semua sel dalam tubuh dan dikaitkan dengan membantu kelenjar kulit menghasilkan sebum. Melansir dari ReNue, sebum sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit kepala, yang pada gilirannya menjaga kelembapan dan kesehatan rambut. Namun, cobalah untuk menghindari mengonsumsi vitamin A melebihi jumlah harian yang disarankan karena overdosis vitamin A juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Vitamin A secara alami terdapat pada wortel, ubi jalar, labu kuning, kangkung, bayam, yogurt, telur, dan susu.

  • Vitamin B

Biotin merupakan salah satu dari banyak vitamin B. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan biotin sering dikaitkan dengan kerontokan rambut. Secara khusus, vitamin B dikenal membantu membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala untuk mendukung pertumbuhan rambut. Meski vitamin B tersedia dalam bentuk suplemen, orang juga dapat fokus memperbaiki pola makan mereka dengan mengonsumsi biji-bijian, daging, ikan, makanan laut, almond, dan sayuran berdaun gelap.

  • Vitamin E
Baca Juga:  Hindari Wajah Keriput di Usia Muda, Jangan Lakukan Kebiasaan yang Bikin Cepat Tua

Merupakan vitamin populer yang dikaitkan dengan penguatan rambut, kulit, dan kuku. Secara khusus, vitamin dikaitkan dengan pencegahan stres oksidatif, yaitu ketika terjadi ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh. Periode stres oksidatif yang berkepanjangan telah dikaitkan dengan kerontokan rambut dini.

Vitamin E dapat ditemukan dalam bentuk kapsul atau suplemen pil atau dalam bentuk cair sebagai minyak topikal. Tapi, vitamin E juga bisa ditemukan pada kacang almond, biji bunga matahari, alpukat, dan bayam.

  • Kolagen

“Rambut terdiri dari protein keratin, dan memerlukan pola makan lengkap agar bisa tumbuh maksimal,” jelas ahli trikologi Shab Caspara kepada laman ReNuerx. Nah, salah satu elemen terpenting dari diet itu adalah Asam amino. Asam amino adalah bahan penyusun membran sel dan keratin. Dan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak asam amino dalam makanan adalah melalui kolagen. Ini adalah protein paling melimpah di tubuh yang dapat memperkuat rambut dan melindungi terhadap kerusakan folikel rambut.

  • Asam lemak omega-3
Baca Juga:  Cara Ampuh Usir Rasa Kantuk ketika di Kantor

Sering dikenal dengan suplemen minyak ikan. Namun seiring dengan peningkatan kesehatan jantung dan tulang, omega-3 mungkin merupakan obat yang dibutuhkan untuk mengatasi kerontokan rambut. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan asam lemak omega-3 secara konsisten dapat membantu meningkatkan kepadatan dan ketebalan rambut. Namun, penelitian menunjukkan bahwa untuk hasil terbaik, orang harus memilih sumber omega-3 melalui makanan daripada hanya mengandalkan suplemen. Jadi memasukkan ikan berlemak seperti salmon, trout, tuna kaleng, sarden, atau mackerel adalah sumber ideal untuk suplemen ini.

Kebanyakan ahli sepakat bahwa mengonsumsi makanan seimbang adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan vitamin. Namun jika menyesuaikan pola makan sulit dilakukan, suplemen dapat menjadi cara yang baik untuk mendukung tujuan nutrisi.

Sebelum menambahkan vitamin atau suplemen ke dalam rutinitas sehari-hari, anda harus konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendiskusikan kekhawatiran apa pun.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda