EntertaimentInternasional

Travis Scott Lolos dari Tuntutan Pidana Tragedi Maut Astroworld

Jakarta, Deras.id – Rapper Travis Scott dinyatakan lolos dari tuntutan atas tragedi konser Astroworld yang menyeret namanya pada 2021 lalu. Hal ini disampaikan oleh Kim Ogg, dewan juri Harris County di Houston dalam konferensi pers pada 29 Juni 2023.

“Juri agung menemukan bahwa tidak ada kejahatan yang terjadi. Tidak ada satu orang pun yang bertanggung jawab secara pidana,” ujar Kim Ogg.

Kericuhan yang terjadi selama konser membuat para penonton tidak bisa bergerak bahkan bernapas sehingga menyebabkan 10 penonton tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Diketahui bahwa penyebab kematian mereka adalah asfiksia kompresi yakni kondisi di saat kadar oksigen dalam tubuh sangat rendah.

Keputusan dewan juri didasarkan atas hasil investigasi selama 19 bulan dan peninjauan yang cermat atas rekaman video dari peristiwa tersebut disertai wawancara dengan para saksi. Pengacara Travis Scott, Kent Schaffer membenarkan bahwa dewan juri Harris County telah memutuskan untuk tidak mendakwa kliennya atas tuduhan kriminal apapun yang berasal dari konser tersebut.

Baca Juga:  Intip Daftar Lengkap Pemenang KBS Entertainment Awards 2023

“Dia tidak pernah mendorong orang untuk melakukan apa pun yang mengakibatkan orang lain terluka. Itu sangat melegakan. Mengajukan tuntutan pidana terhadapnya tidak akan meringakan rasa sakit mereka,” tutur Kent Schaffer.

Ada lebih dari 500 tuntutan hukum diajukan atas kematian dan cedera di konser tersebut, termasuk banyak yang melawan Live Nation dan Scott. Selain menjadi penampil, diketahui bahwa Scott merupakan salah satu promotor Astroworld bersama Live Nation dan ScoreMore.

Selain itu, seorang kritikus menuduh Scott dan Drake terus tampil saat insiden terjadi. Kepala pemadam kebakaran Houston juga menyatakan bahwa seharusnya Scott menghentikan pertunjukan lebih awal. Pejabat Federal dan polisi Houston telah menyelidiki tentang penerapan langkah-langkah keamanan yang dilakukan oleh pihak promotor telah memadai untuk acara tersebut.

Baca Juga:  Joy Red Velvet Kembali Hiatus Karena Masalah Kesehatan

Protokol keamanan untuk acara tersebut telah tersedia dalam menghadapi berbagai insiden berbahaya, termasuk penembakan, terorisme dan cuaca buruk. Namun tidak ada informasi tentang protokol yang menjelaskan tentang lonjakan massa.

Diperkirakan lebih dari 50 ribu orang hadir di festival musik Astroworld dan mulai memadati area depan panggung dengan berdesak-desakan sehingga menimbulkan kepanikan dan cedera. Para penonton pun mulai terjatuh dan tak sadarkan diri. Sementara itu, sehari setelah insiden terjadi, mantan kekasih Kylie Jenner tersebut menyampaikan rasa prihatinnya melalui akun Twitter pribadinya.

“Saya benar-benar hancur dengan apa yang terjadi. Doa saya untuk keluarga dan semua yang terkena dampak dari apa yang terjadi di Astroworld Festival. Saya berkomitmen untuk bekerja sama dengan komunitas Houston untuk menyembuhkan dan mendukung keluarga yang membutuhkan. Terima kasih kepada Houston PD, pemadam kebakaran, dan NRG Park atas dukungannya,” tulis Travis Scott.

Baca Juga:  Lee Dong Wook dan Kim Hye Joon akan Bintangi Drama ‘The Killer’s Shopping Mall'

Penulis: Dinda | Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda