Lifestyle

Tips Sukses sebelum Usia 30, Kuasai Keterampilan Dasar ini!

Advertisement

Jakarta, Deras.id – Ingin sukses sebelum usia 30 tahun? Tentu sudah harus hidup lebih terarah sedari dini. Usia 20-an merupakan masa keemasan untuk memikirkan kesuksesan dalam hidup anda. anda masih penuh energi dan memiliki berbagai peluang. Meski demikian, di usia 20-an juga seringkali anda menghadapi berbagai ketidakpastian dan penderitaan hidup yang membuat anda kecewa serta kehabisan tenaga. Jadi, bagaimana anda mengelola semua pasang-surut ini dan menempatkan diri sendiri pada jalur menuju kehidupan yang memuaskan dan bermanfaat agar sukses sebelum usia 30-an?

Mulailah dengan membangun landasan yang akan memberi anda wawasan, pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperlukan untuk menggapai tujuan. anda belajar memanfaatkan bakat dan membangun kehidupan terbaik, selangkah demi selangkah. Setiap orang akan melakukannya secara berbeda dan masing-masing akan menemukan jalan unik yang cocok untuk mereka. Untuk membantu anda menemukan kesuksesan, berikut peta jalan dasar tentang hal-hal yang dapat anda lakukan sekarang untuk membantu mencapai kesuksesan dalam beberapa tahun mendatang. Berikut cara menggapai kesuksesan sebelum usia 30 tahun:

  • Temukan minat

Sebelum berusia 30,  harus bisa menemukan siapa diri anda dan apa yang ingin dilakukan pedulikan. Inilah saatnya anda menerima ide dan impian yang besar, berani, serta menggunakan minat tersebut untuk memberi energi dan mendorong anda untuk maju.

Apa yang memotivasi anda? Bidang apa yang membuat anda merasa terdorong untuk mengejarnya? Ini adalah tahun dalam hidup anda di mana harus tenggelam dalam proyek dan pekerjaan yang diminati. Temukan tujuan dan kejar impian. anda mungkin menemukan bahwa ambisi dan tujuan berubah arah seiring berjalannya waktu. Namun anda harus mulai dari suatu tempat.

  • Terbuka terhadap jalan yang berbeda
Baca Juga:  Ini 5 Buku Self Development yang bisa Memengaruhi Masa Depan!

Coba melakukan eksperimen dan mencari tahu apa yang penting bagi diri sendiri, serta di mana bakat maupun minat anda bersinggungan. Ini adalah waktu untuk mencari tahu apa yang benar-benar anda kuasai.  Untuk melakukan ini, anda harus fleksibel dan terbuka untuk mencoba hal-hal baru. Terkadang kehidupan membuat kita bingung. anda harus berpikir jernih dan membiarkan diri sendiri menemukan jalan ke depan yang baru bahkan lebih menarik. Rangkullah perubahan dan jadikan itu milik anda. Bersikaplah terbuka terhadap peluang dan mencoba hal-hal baru.

  • Perluas jaringan

Jaringan strategis menjadi pendorong utama di balik peningkatan gaji dan kemajuan karier. Namun banyak dari kita menghabiskan usia 20-an untuk memperluas jaringan secara sembarangan. Sekarang waktunya untuk mulai membangun hubungan yang kuat dan saling menguntungkan dengan orang lain yang dapat membantu anda. Tidak ada seorang pun yang sukses dengan usahanya sendiri.

Advertisement

Teman, kolega, mentor, dan kenalan kita memainkan peran penting dalam membantu anda menemukan peluang. Perluas jaringan dengan rencana. Tanyakan pada diri sendiri, siapa yang harus anda temui? Siapa saja orang yang dapat membantu mencapai tujuan karier anda? Dan bakat dan keterampilan apa yang anda tawarkan kepada mereka yang membedakan anda dari orang lain?

  • Belajar mengelola uang

Usia 20-an dipenuhi dengan pengambilan keputusan besar dalam hidup. Apakah anda akan kuliah? Jalur karier apa yang akan dikejar? Namun ada satu pilihan hidup penting yang sering diabaikan oleh kaum muda, yaitu pengelolaan uang. Cara anda menangani uang dan keputusan yang dibuat terkait keuangan akan memengaruhi anda saat ini dan beberapa dekade mendatang. Misalnya saja, nilai kredit yang rendah dapat menghalangi dari tujuan seperti membeli properti dan mendapatkan pinjaman usaha. Belum lagi masalah hutang dan keuangan dapat menyebabkan stres yang melemahkan sekaligus menghalangi anda mengambil peluang. Belajarlah untuk menetapkan anggaran dan mengontrol pengeluaran anda. Tetapkan tujuan finansial untuk diri sendiri, seperti berapa banyak yang akan anda masukkan ke dalam tabungan dan dana pensiun. Melakukan semua ini akan membantu anda membangun stabilitas kredit dan keuangan yang merupakan landasan kesuksesan masa depan.

  • Temukan keseimbangan hidup

anda terdorong untuk bekerja keras dan maju dalam karir, tapi tentu saja kita ingin menikmati hidup serta bersenang-senang. Tidak ada yang salah dengan itu. Jika anda bekerja keras dan kemudian bersosialisasi serta berpesta tanpa henti di malam hari dan akhir pekan, mungkin akan cepat lelah. anda harus menemukan cara untuk memulihkan pikiran dan tubuh jika ingin berproduksi pada tingkat tertinggi dan mencapai kesuksesan baik secara pribadi maupun profesional.

Advertisement

Berusahalah menciptakan ketenangan dan keharmonisan dalam kehidupan anda sehari-hari. Temukan cara untuk mencapai keseimbangan dalam berbagai komponen kehidupan sehingga satu area tidak menyita dan membebani anda. Perhatikan kesehatan mental dan fisik, lalu temukan keseimbangan yang cocok untuk anda.

  • Keluar dari zona nyaman

Usia 20-an adalah dekade di mana anda harus mengambil risiko dan memanfaatkan peluang. Ya, mencari pekerjaan yang dapat diandalkan di perusahaan yang sudah mapan sepertinya merupakan hal bertanggung jawab untuk dilakukan. Namun pilihan ini akan membuat anda tetap bertahan di zona nyaman.

Jangan biarkan diri sendiri mengakar tapi bersedialah untuk mencoba hal-hal yang sedikit membuat takut dan dorong sampai melampaui batas kemampuan anda. Bersedia mengambil risiko dapat membuahkan hasil yang luar biasa. Peluang dapat memberikan keuntungan finansial. Namun yang lebih penting, menerima perubahan dapat memberi anda pengalaman dan wawasan berharga. Habiskan usia 20-an anda untuk mencari pengalaman baru dan terbuka untuk melakukan sesuatu secara berbeda.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda