Lifestyle

Tips Menjaga Tubuh Agar Awet Muda

Jakarta, Deras.id – Menjaga kulit tetap awet muda tidak selalu soal perawatan yang mahal. Ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk memperlambat penuaan dini. Berikut cara agar tetap awet muda menurut sumber alodokter.com

Pertama, menjalani pola makan sehat. Menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Berikut makanan yang baik dikonsumsi agar tetap awet muda.

* Buah-buahan, seperti papaya, alpukat, dan delima.

* Kacang-kavangan seperti almond dan walnut

* Minyak sehat seperti virgib coconut oil dan minyak zaitun

* Sayuran, seperti selada air, brokoli dan bayam

* Coklat hitam.

Makanan di atas mengandung banyak nutrisi, serat, vitamin dan mineral sebagai makanan yang kaya antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga mampu memperlambat penuaan dini.

Kedua, berolahraga secara rutin. Seiring bertambahnya usia produksi kolagen dan massa otot akan berkurang. Sehingga proses penuaan akan semakin cepat oleh karena itu untuk membangun jaringan otot dan mencegah kulit kendur perlu adanya olahraga secara rutin sehingga kesehatan tubuh secara menyeluruh terutama jantung, otak dan tulang tetap terjaga.

Ketiga, mencukupi waktu istirahat. Tidur yang cukup setidaknya 7-9 jam perhari nyatanya mampu menjaga kulit tetap sehat dan tidak cepat mengalami penuaan.

Keempat, membersihkan kulit wajah secara rutin. Membersihkan wajah minimal 2 kali sehari dan menggunakan pelembap mampu mencegah kulit kering dan keriput. Selain itu juga perlu menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 dapat melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak kulit.

Kelima, memenuhi kebutuhan cairan. Minum air yang cukup yakni setidaknya 8 gelas perhari adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Dengan begitu kulit akan lembab dan bercahaya karena kulit dalam tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Keenam, mengelola stres. Ketika seseorang mengalami stres maka tubuh akan memproduksi kortison yang dapat memicu kerusakan sel-sel tubuh. Sehingga bisa meningkatkan risiko terjadi penuaan dini. Oleh karena itu perlu mengelola stres agar tubuh tetap awet muda. Contoh cara yang bisa dilakukan yakni teknik relaksasi, melakukan kegiatan yang disukai dan mendengarkan musik favorit sehingga stres akan berkurang.

Ketujuh, menghindari rokok dan minuman keras. Kebiasaan merokok dan konsumsi minuman keras mampu mengurangi produksi kolagen sehingga memberikan efek kulit pada tubuh akan lebih cepat keriput dan mengendur. Selain itu juga kebiasaan tersebut mampu menghambat aliran darah dalam kulit sehingga kulit lebih cepat keriput.

Kedelapan, membatasi konsumsi makanan siap saji. Makanan siap saji tinggi akan kalori, lemak trans, gula, garam dan rendah nutrisi. Jika makanan siap saji dikonsumsi maka menyebabkan penumpukan kolesterol dalam darah dan meningkatkan kadar radikal bebas dalam tubuh.

Kesembilan, menghindari paparan sinar matahari berlebihan dan polusi. Hindari paparan sinar matahari antara pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore menjadi salah satu cara agar kulit tidak mudah keriput karena pada saat itu sinar UV akan lebih tinggi sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada jarungan kulit.

Selain itu juga menghindari polusi kendaraan, rokok adalah cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu kebiasaan di atas harus diterapkan hingga menjadi habit, untuk menjaga tubuh tetap awet muda.

Penulis: Una l Editor: Apr

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda