Lifestyle

Tips Meal Prepping agar Bahan Masakan Awet hingga Seminggu

Advertisement

Jakarta, Deras.id ⁻ Salah satu kegiatan yang menyita waktu saat memasak adalah mempersiapkan bahan makanan. Mulai dari mencuci, memotong, hingga mencincang yang biasanya butuh waktu bahkan lebih dari 30 menit.

Sebenarnya ada beberapa strategi yang bisa anda lakukan, yaitu dengan metode meal prepping.

Melansir Healthline, meal prepping merupakan konsep menyiapkan makanan lebih cepat dari jadwal. Kegiatan ini cukup populer di kalangan orang sibuk. Alasannya, bukan hanya untuk menghemat banyak waktu, karena mempersiapkan makanan juga bisa mengurangi kelebihan porsi. Anda bisa menimbang kecukupan nutrisi dan makanan harian tanpa takut membuang-buang makanan.

Tips Meal Prepping

Meal prepping bisa dilakukan untuk tiga hari, satu minggu, bahkan dua minggu. Berikut beberapa tips meal prepping dari Deras.id:

Baca Juga:  7 Kopi Paling Favorit di Indonesia

1. Perhitungkan makanan untuk satu pekan

Advertisement

Sebelum pergi belanja, perhitungkan sajian apa saja yang ingin anda konsumsi dalam satu pekan. Buat daftar sajian serta bahan-bahan yang dibutuhkan.

2. Pisahkan semua bahan

Jika anda sudah membuat daftar masakan, mulailah memilih bahan. Simpan semua sayuran sesuai jenis sajian yang diinginkan, ke dalam wadah.

Advertisement

3. Sayuran jangan dicuci

Baca Juga:  Kaya Akan Tradisi, Inilah Kebiasaan Unik Muslim Indonesia Saat Lebaran

Ingat, sayuran tidak perlu dicuci. Biarkan mereka tetap kering di dalam wadah dan masukan ke kulkas. Anda juga harus memberikan alas tisu di dasar kotak agar menyerap kelembapan dari sayuran di dalam kulkas.

4. Pisahkan rawit dari bonggolnya

Cabai rawit adalah bahan wajib yang harus selalu ada di dapur.

Jika ingin awet dan tetap segar, anda bisa menyimpan rawit di kulkas. Simpan rawit dalam kotak, beri alas tisu di bawahnya. Sebelum itu, anda harus membuang bonggolnya terlebih dahulu. Hal ini agar rawit tidak cepat busuk. Sama seperti sayur, rawit juga tak perlu dicuci terlebih dahulu.

5. Simpan semua dalam kotak

Simpan semua dalam kotak kedap udara, mulai dari sayuran, bumbu-bumbu yang sudah dipotong dan kelengkapan masak lainnya. Jangan pernah cuci semua bahan tersebut. Simpan di kotak berbeda untuk setiap jenisnya.

Baca Juga:  Tampak Tegar dan Kuat, Zodiak Ini Aslinya Sensitif dan Lemah Banget

Itulah beberapa tips meal prepping yang bisa ditiru. Kuncinya adalah tidak perlu mencuci sayuran sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Penulis: Apr I Editor: Ifta

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda