Lifestyle

Tips Keuangan agar Lebih Disiplin dan Sukses

Jakarta, Deras.id –  Kurangnya pendidikan keuangan dasar membuat banyak generasi muda tidak mengerti bagaimana mengelola uang, mengajukan permohonan kredit dan bagaimana caranya agar bisa terbebas dari utang.

Generasi muda masih mengalami kesenjangan pengetahuan  dalam mempelajari cara mengelola uang, mengajukan kredit dan menghindari utang yang sebenarnya menjadi bekal dimasa depan hingga masa tua. Menyikapi finansial, dewasa muda seharusnya memahami strategi finansial  baik dengan mendidik diri sendiri maupun pemilihan mitra keuangan. Ini tips finansial agar keuangan finansial terbaik:

  • Bayar Dengan Uang Tunai, Bukan Kredit

Latih kesabaran dan pengendalian diri dengan keuangan. Jika menunggu dan menabung untuk kebutuhan, anda akan membayar dengan uang tunai atau kartu debit untuk memotong uang langsung dari rekening giro dan menghindari penggunaan kartu kredit. Kartu kredit adalah pinjaman yang mengumpulkan bunga kecuali anda mampu melunasi saldo secara penuh setiap bulannya. Kartu kredit dapat membantu membangun nilai kredit yang baik tetapi gunakan hanya untuk keadaan darurat.

  • Didik Diri sendiri
Baca Juga:  Latihan yang Membantu Atasi Perut Buncit

Kendalikan masa depan keuangan dan bacalah beberapa buku dasar tentang keuangan pribadi. Setelah berbekal pengetahuan, jangan biarkan siapa pun membawa anda keluar jalur, baik orang penting yang mendorong membuang-buang uang atau teman yang merencanakan perjalanan dan acara mahal. Teliti profesional seperti perencana keuangan, pemberi pinjaman hipotek atau akuntan sebelum menggunakan layanan mereka.

  • Belajar Menganggarkan

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menganggarkan dan membuat rencana pengeluaran pribadi untuk melacak uang masuk dan keluar. Perubahan kecil dalam pengeluaran sehari-hari berada di bawah kendali dan dapat berdampak pada situasi keuangan. Menjaga pengeluaran bulanan, seperti sewa, serendah mungkin dapat menghemat uang seiring berjalannya waktu dan menempatkan pada posisi untuk berinvestasi yang baik dan aman.

  • Menabung untuk Pensiun
Baca Juga:  BI dan TNI AL Dukung Distribusi Uang Di Wilayah 3T Melalui ERB

Tidak peduli seberapa muda anda, rencanakan masa pensiun mulai dari sekarang. Dengan kekuatan bunga majemuk, ketika mulai menabung di usia 20-an, anda akan memperoleh bunga tidak hanya dari pokok yang  disimpan tetapi juga dari bunga yang diperoleh dari waktu ke waktu dan akan memiliki apa yang diperlukan untuk pensiun suatu hari nanti.

  • Jaga Kesehatan

Jika anda tidak memiliki asuransi, jangan menunggu untuk mengajukan asuransi kesehatan . Jika bekerja, perusahaan mungkin menawarkan asuransi kesehatan, termasuk paket kesehatan dengan potongan tinggi yang menghemat premi dan membuat anda memenuhi syarat untuk mendapatkan tabungan kesehatan.

  • Lindungi Kekayaan

Jika ingin memastikan bahwa seluruh uang hasil jerih payah tidak hilang, anda perlu mengambil langkah untuk melindunginya. Jika ingin bantuan dalam mengelola uang, carilah perencana keuangan berbayar yang dapat memberikan nasihat yang tidak memihak dan demi kepentingan terbaik, bukan penasihat keuangan berbasis komisi, yang menghasilkan uang ketika mendaftar dengan investasi yang didukung perusahaannya.

Baca Juga:  Penuhi Panggilan KPK, Dito Mahendra Diperiksa soal Dugaan Aliran Uang dari Nurhadi

Berikut adalah tips keuangan yang bisa anda terapkan untuk mengamankan keuangan finansial anda.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda