Olahraga

Timnas Indonesia vs Filipina, Skuad Garuda Harus Menang

Jakarta, Deras.id – Timnas Indonesia menjamu Timnas Filipina pada matchday ke-6 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (11/6/2024) di Stadion Gelora Bung Karno.

Pertandingan ini merupakan laga krusial dalam upaya Timnas Indonesia demi mengejar tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Zona Asia. Saat ini, Timnas Indonesia menempati posisi kedua di klasemen Grup F.

Tim Merah Putih punya peluang untuk menang atas Filipina. Sebab, Filipina kini berada dalam tren negatif. The Azkals tidak pernah menang pada lima laga terakhir, empat kali kalah, sekali imbang, dan kebobolan 12 kali.

Lebih lanjut, coach Shin Tae-yong juga menegaskan anak-anak asuhnya sudah bangkit dari kekalahan melawan Irak. Sang pelatih menilai secara permainan, Timnas Indonesia sejatinya tak ketinggalan dibanding Timnas Irak, meski harus kebobolan dua gol akibat blunder sejumlah penggawa.

“Memang yang namanya pertandingan, bisa menang bisa kalah. Akan tetapi, kita dengan FIFA ranking 134 melawan Irak yang ranking 58, bisa memberikan yang terbaik juga. Dari segi kemampuan sebenarnya (Timnas Indonesia) tidak kalah jauh (dibanding Irak),” tutur Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Kenangan Juara Dunia, Messi Beli 35 iPhone 14 Berlapis Emas untuk Rekan Setimnya

“Kami pun akan mencoba meningkat terus, jadi mohon dukungan dari fans Indonesia. Untuk masalah pemain-pemain yang disebutkan sebelumnya (melakukan blunder di laga kontra Irak), mereka juga sadar dan sedang mempersiapkan diri dengan baik,” tambah juru taktik Timnas Indonesia.

Namun, Timnas Filipina juga berpotensi membuat kejutan. Sebagai pengingat, pada duel terakhir lawan Filipina, Indonesia bermain imbang 1-1. Indonesia juga pernah kalah 0-4 dari Filipina pada Piala AFF 2014 yang lalu.

Filipina akan membawa skuad terbaik ke Jakarta dengan tekad mengalahkan Indonesia. Hal itu diungkapkan pelatih Tom Saintfiet, dengan ia mengharap dukungan dari fans Vietnam agar anak asuhnya bisa mengalahkan skuad Merah Putih pada laga pamungkas fase grup.

“Saya berharap kami mendapat dukungan dari fans Vietnam, itu akan sangat bagus sekali. Jika kami menang melawan Indonesia, dan Vietnam menang dari Irak, maka Vietnam yang akan lolos,” ujar Saintfiet.

Baca Juga:  Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Dikalahkan Irak

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin, karena Indonesia tim yang sangat kuat. Mereka juga pasti ingin meraih kemenangan. Pertandingan berikutnya akan sangat sulit.”

Timnas Indonesia saat ini menempati peringkat ke-2 di Grup F dengan perolehan 7 poin. Mereka memiliki jarak 5 poin dari Irak yang kokoh di puncak klasemen dengan 12 poin. Sedangkan di posisi ke-3 ada Vietnam dengan 3 poin, dan Filipina berada di peringkat ke-4 dengan 1 poin. Untuk lolos ke ronde 3 kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Indonesia membutuhkan kemenangan atas Filipina.

Perkiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Sandy Walsh, Jay Idzes, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Thom Haye, Calvin Verdonk; Marselino Ferdinan, Rafael Struick; Ragnar Oratmangoen.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Pele dan Kecintaannya Terhadap Santos

Timnas Filipina (4-2-3-1): Neil Etheridge; Jesper Nyholm, Santiago Rublico, Adrian Ugelvik, Scott Woods; Kevin Ingreso, Michael Baldisimo; Alex Monis, Zico Bailey, Dylan Demuynck; Patrick Reichelt.

Pelatih: Tom Saintfiet.

Prediksi Skor

Di atas kertas, skuad asuhan Shin Tae-Young diunggulkan menang. Apalagi, Indonesia dapat tambahan dua pemain di lini belakang yakni Calvin Verdonk dan Jay Idzes, meskipun kapten Indonesia, Jordi Amat tidak bisa turun dikarenakan mendapatkan kartu merah dalam pertandingan sebelumnya. Faktor ini bisa jadi pembeda bagi Skuad Garuda dibanding saat kalah lawan Irak.

Filipina punya harapan dan berpotensi membuat kejutan. Mereka tampil bagus pada duel lawan Vietnam, bahkan mampu mencetak dua gol. Jika Filipina mampu meningkatkan level mereka, bukan tidak mungkin mereka bisa dapat poin dan mengalahkan skuad tim Garuda.

Penulis: Fajri l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda