Lifestyle

Terapkan Tips ini Untuk Menenangkan Pikiran Cemas

Jakarta, Deras.id –  Stres fisik dan mental dapat memicu gangguan kecemasan pada beberapa orang. Orang dengan gangguan kecemasan mungkin mengalami kecemasan tersebut tanpa alasan tertentu. Kecemasan dapat menyebabkan stres berat, disertai pikiran yang berkecamuk, berkeringat, sakit perut, dan jantung yang berdebar kencang.

Namun, ada cara untuk mengelolanya. Pilihlah gaya hidup sering kali dapat membantu, dan perawatan medis tersedia jika hal ini tidak efektif. Berikut tips dan trik untuk membantu mengelola tingkat stress dan menenangkan kecemasan.

  • Yoga

Yoga mungkin merupakan bentuk latihan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi kecemasan. Sebuah ulasan tahun 2015 menyelidiki efek yoga pada fungsi sistem saraf dan suasana hati. Dari 25 penelitian, tinjauan tersebut menemukan yoga menurunkan detak jantung, tekanan darah, dan kadar kortisol. Kortisol merupakan hormon yang terlibat dalam respons rasa takut melawan. Memiliki terlalu banyak kartisol dalam aliran darah dapat memperburuk kecemasan.

Baca Juga:  Tips Bangun Pagi Anti Mager, Dijamin Fresh!

Yoga menyebabkan penurunan gejala depresi dan kecemasan. Hal ini juga mengurangi kadar molekul yang disebut dengan sitokin dalam darah. Sistem kekebalan melepaskan sitokin sebagai respons terhadap stres. Tingkat sitokin yang tinggi secara kronis dapat menyebabkan peradangan jangka panjang dan efek kesehatan negatif lainnya.

  • Olahraga

Olahraga dapat menenangkan kecemasan dengan dua cara, yaitu pertama dengan menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Kedua, hal ini membuat orang fokus pada tugas berolahraga, dan ini dapat mengalihkan perhatian mereka dari pemikiran merenung. Pada tahun 2022, peneliti menemukan bahwa orang yang mengikuti program olahraga selama 12 minggu mengalami penurunan gejala depresi dan kecemasan dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga. Kelompok latihan melakukan latihan kardiorespirasi dan ketahanan. Siapa pun yang tertarik untuk memulai program aktivitas fisik untuk mengatasi kecemasan harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  • Kurangi kafein
Baca Juga:  Tips Mengatur Kamar Perbaiki Mood

Adrenalin merupakan hormon yang terlibat dalam respons rasa takut melawan. Kafein menyebabkan lonjakan kadar adrenalin, dan ini dapat membuat sebagian orang merasa cemas atau gelisah. Kopi adalah salah satu sumber kafein yang populer, tetapi kafein juga dapat ditemukan pada beberapa minuman berikut:

– teh

– soda

– minuman berenergi

– cokelat

Orang yang menyadari hubungan antara asupan kafein dan kecemasan harus mencoba menghilangkan kafein dari makanannya. Orang harus melakukan ini secara perlahan untuk menghindari penghentian kafein. Penghentian kafein ini dapat menyebabkan gejala fisik yang mirip dengan kecemasan.

  • Membuat jurnal

Menulis jurnal dan jenis tulisan lainnya dapat membantu seseorang mengungkapkan perasaannya, menyalurkan pikirannya ke arah yang positif, serta mengatur pikiran dan perasannya. Terapis mungkin merekomendasikannya untuk mengatasi masalah kesehatan mental, termasuk kecemasan. Tinjauan tahun 2022 tentang manfaat penjurnalan menyimpulkan bahwa ini adalah terapi hemat biaya dengan risiko efek samping yang rendah.

Baca Juga:  Rekomendasi Outfit Bukber Selama Bulan Ramadan

Penulis: Liz l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda