EntertainmentInternasional

Sumbang ke Yayasan Milik Mantan Presiden, Lee Young Ae Tuai Kritikan

Jakarta, Deras.id – Lee Young Ae baru-baru ini mendapat kritikan pedas dari netizen Korea usai menyumbang untuk pembangunan yayasan milik mantan presiden. Tak hanya itu, surat Lee Young Ae kepada ketua yayasan juga menjadi sorotan.

Pada Selasa (12/9/2023) Yayasan Peringatan Kepresidenan Lee Seung Man mengumumkan dalam siaran pers bahwa aktris Lee Young telah menyumbang dana sebesar 50 juta Won (sekitar Rp 579 juta) kepada yayasan milik mantan presiden pertama Korea, Lee Seung Man yang dikenal juga sebagai Syngman Rhee. Niat untuk menyumbang ini, telah Lee Young Ae sampaikan tidak lama setelah berita tentang pembentukan Komite Promosi Gedung Peringatan Kepresidenan Lee Seung Man yang diumumkan pada Juli lalu.

Bintang ‘Bring Me Home’ itu juga mengirimkan surat kepada Kim Hwang Sik selaku ketua yayasan. Dalam suratnya, Lee Young Ae menyatakan bahwa meskipun reputasi Lee Seung Man kontroversial, dia meyakini bahwa mantan presiden itu telah berjasa bagi Korea dan itu alasan yang membuatnya turut berdonasi.

Baca Juga:  Dico Ganinduto Ajak Raffi Ahmad Maju Pilkada, Alasannya Soal Chemistry

“Meskipun Presiden Syngman Rhee mungkin berlebihan, tidak diragukan lagi dia adalah orang yang meletakkan dasar yang kokoh bagi Republik Korea merdeka yang kita tinggali saat ini. Sebagai warga negara Republik Korea merdeka, saya tidak bisa mengabaikan berita tentang pendirian aula peringatan presiden pertama dan saya telah memutuskan untuk berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana,” ujar Lee Young Ae dalam suratnya.

Lee Young Ae mengatakan bahwa alih-alih mengkritik atas kesalahan para mantan presiden, dia memilih untuk memuji pencapaian mereka. Dia juga mengklaim bahwa dirinya turut menyumbang ke yayasan presiden lain di masa lalu, tidak hanya memberi dukungan bagi Lee Seung Man.

“Keluarga saya telah memberikan sumbangan untuk menghormati rasa terima kasih yang kami rasakan terhadap presiden negara kami sebelumnya, seperti Park Chung Hee, Kim Young Sam, Kim Dae Jung, dan Roh Moo Hyun,” ungkapnya.

Baca Juga:  Reaksi Netizen Usai Cardi B Tampil Tanpa Celana Dalam dengan Tali Tampon

Pihak yayasan juga menyatakan bahwa mereka setuju dengan tujuan donasi Lee Young Ae sehingga bisa meningkatkan antusiasme nasional untuk penggalangan dana untuk Gedung Peringatan Kepresidenan Lee Seung Man. Namun, netizen Korea geram dengan aksi yang dilakukan oleh Lee Young Ae, terutama saat sang aktris menyebut bahwa Lee Seung Man adalah sosok yang berjasa untuk Republik Korea Merdeka. Beberapa netizen mengungkapkan bahwa reputasi Lee Young Ae rusak seketika hanya karena hal ini. Dilansir dari Theqoo, berikut beberapa komentar pedas dari netizen Korea.

“Republik Korea yang merdeka LOL. Dia benar-benar orang yang paling mengabaikan kebebasan,” ujar seorang netizen.

“Aku ingin tahu apakah dia sendiri yang menulis ini, ini pertama kalinya aku melihat ungkapan ‘Republik Korea yang merdeka’ haha,” timpal yang lainnya.

Baca Juga:  Dugaan Pelanggaran Hak Cipta, Posan Tobing Laporkan Band Kotak

“Semua produksinya yang saya suka tonton hilang begitu saja dari pikiran saya. Selamat tinggal,” ujar yang lainnya.

“Wow, reputasinya hancur dalam sekejap,” kata netizen lain.

Sementara itu, semasa hidupnya, Lee Seung Man dianggap sebagai presiden yang anti-komunis dan bertangan besi. Dia juga menyulut terjadinya Perang Korea pada tahun 1950-an. Lee Seung Man juga dikenal sebagai seorang diktator bahkan sebelum terjadinya Perang Korea.

Selama kekuasaannya, dia pernah melakukan beberapa pembantaian, salah satunya yang paling besar adalah pembantaian Pulau Jeju. Selain itu, pada masa pemerintahannya dia juga diketahui telah menggelapkan dana pemerintah lebih dari $ 20 juta (sekitar Rp 307 miliar). Hal inilah yang memicu kemarahan netizen Korea terhadap Lee Young Ae. Karena dianggap memberikan donasi kepada seorang diktator sekaligus menulis pernyataan yang tidak sesuai dengan faktanya.

Penulis: Dinda | Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda