Olahraga

Skuad Timnas Inggris di EURO 2024, Southgate Beri Kejutan

Jakarta, Deras.Id – Timnas Inggris telah merilis skuad untuk Piala Eropa 2024. Pelatih Gareth Southgate membuat kejutan dalam pemilihan skuad Inggris untuk Euro 2024 dengan mengabaikan beberapa pemain yang masuk kategori senior dan pemain kunci di klub masing-masing. Sebagai gantinya, ia memanggil beberapa pemain muda dan baru. Southgate dikenal dengan gaya strateginya yang fleksibel dan defensive, serta menekankan pada soliditas pertahanan dan transisi cepat. Keputusan ini menandakan perubahan strategi dengan memberikan kesempatan kepada pemain-pemain muda. Timnas Inggris memang dikenal sering mengorbitkan pemain muda berbakat ke panggung internasional. Di bawah asuhan Gareth Southgate, banyak talenta muda mendapatkan kesempatan tampil di tim senior. Strategi ini telah membantu membangun skuad yang dinamis dan energik yang mampu bersaing di turnamen besar seperti Piala Dunia dan EURO.

Kebijakan ini juga menciptakan kombinasi yang kuat antara pemain muda dan berpengalaman dalam tim.

 

“Saya tidak ingin membuat para pemain menunggu sampai Jumat. Saya pikir itu tidak bagus,” kata Southgate sebagaimana diwartakan AFP pada Jumat (7/6/2024).

“Ini tidak adil bagi para pemain yang kami keluarkan, juga tidak adil bagi para pemain yang menunggu konfirmasi bahwa mereka masuk dalam skuad,” kata Southgate.

 

“Tidak dapat dipungkiri, kami tahu ketika kami menetapkan nama 33, akan ada periode persiapan yang bagus, dan kemudian akan ada beberapa hari di mana akan ada banyak kecemasan dan beberapa hari yang sulit bagi mereka semua, tetapi kami akan menyelesaikannya nanti malam dan sekarang atau besok pikiran semua orang sudah kembali jernih,” kata dia.

 

Untuk Euro 2024, pelatih Gareth Southgate telah membuat keputusan mengejutkan dengan tidak memanggil beberapa pemain penting. Beberapa nama besar yang tidak masuk dalam skuad sementara Inggris.

 

Marcus Rashord (Manchester United)

Striker Manchester United itu tak dipanggil Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2024. Pemain 26 tahun tersebut tak dipanggil Timnas Inggris karena performanya yang buruk musim ini. Bersama Manchester United, Rashford hanya bisa mencetak delapan gol di musim 2023/2024.

 

Gareth Southgate, manajer tim nasional sepak bola Inggris telah mengambil keputusan untuk mengecualikan Marcus Rashford dari skuad sementara untuk Euro 2024. Southgate menegaskan bahwa tempat Rashford di skuad tidak dijamin, dengan alasan persaingan ketat dari generasi berikutnya.

Baca Juga:  EURO 2024: Start Sempurna Jerman

 

Lebih lanjut Southgate menjelaskan, performa Rashford pada musim 2023/2024 dirasa belum cukup untuk mengamankan tempat di skuad. Keputusan Southgate untuk mengeluarkan Rashford dari skuad didasarkan pada penilaiannya bahwa pemain lain di posisi Rashford memiliki musim yang lebih baik, yang menyebabkan dikeluarkannya penyerang.

 

Jordan Henderson (Ajax Amsterdam)

Absennya eks kapten Liverpool Jordan Henderson dari skuad Inggris untuk Piala Euro 2024 pasti merupakan berita besar bagi para penggemar sepak bola. Henderson adalah salah satu pemain kunci di timnas Inggris.

 

Keputusan tidak memasukkan Henderson ke dalam skuad sepertinya berkaitan dengan performanya dan mungkin juga usianya. Skuad sementara turnamen Euro 2024 telah diumumkan, dan tidak termasuk Jordan Henderson. Meski pindah ke Ajax Amsterdam dari Al Ettifaq, performanya nampaknya tak meyakinkan pelatih timnas, Gareth Southgate, untuk memasukkannya ke dalam skuad terakhir.

 

James Maddison (Tottenham Hotspur)

James Maddison bermain sebagai gelandang serang untuk klub Liga Premier Tottenham Hotspur. Ia bergabung dengan Tottenham Hotspur pada tahun 2023, menandatangani kontrak yang berakhir pada 30 Juni 2028. Maddison memulai karirnya bersama Coventry City sebelum bergabung dengan Norwich City pada tahun 2016. Ia kemudian bergabung dengan Leicester City pada tahun 2018 dan memenangkan Piala FA dan FA Community Shield bersama klub tersebut pada tahun 2021 sebelum menandatangani kontrak dengan Tottenham Hotspur pada tahun 2023.

 

James Maddison dicoret dari skuad Timnas Inggris untuk Euro 2024 karena berbagai faktor. Penampilannya di lapangan dan cedera pergelangan kaki yang signifikan berperan dalam dikeluarkannya dia dari skuad. Performa Maddison sempat menurun sepanjang musim, hanya menyumbang satu gol dalam 22 penampilan dan menderita cedera engkel yang membuatnya absen selama tiga bulan.

 

Faktor-faktor tersebut kemungkinan besar mempengaruhi keputusan untuk mengecualikannya dari skuad terakhir Euro 2024. Selain itu, Gareth Southgate, manajer tim nasional Inggris, harus mengambil keputusan sulit saat menyelesaikan skuad untuk turnamen tersebut.

 

Curtis Jones (Liverpool)

Curtis Julian saat ini bermain sebagai gelandang untuk klub Liga Utama Inggris Liverpool. Dia lahir pada 30 Januari 2001 di Liverpool, Inggris. Jones telah mendapatkan pengalaman berharga di tim utama Liverpool selama pra-musim. Southgate menyatakan bahwa timnya masih cukup oke tanpa kehadiran Jones, sehingga tidak perlu memanggil tambahan pemain. namun untuk saat ini,  dia perlu menambah pengalamannya terlebih dahulu. Meskipun klubnya sangat ingin Jones meningkatkan kemampuannya supaya menjadi pemain top Inggris dalam beberapa musim ke depan.

Baca Juga:  Fajar/Rian Jadi Ganda Nomor Satu Dunia

 

James Trafford (Burnley)

Kiper umur 21 tahun itu awalnya dimasukkan dalam skuad sementara 33 pemain Inggris untuk Euro 2024 tetapi akhirnya dikeluarkan dari skuad 26 pemain terakhir. Terlepas dari penampilannya yang mengesankan di level U-21, di mana ia tidak kebobolan satu gol pun selama Kejuaraan Eropa U-21 UEFA 2023 dan menyelamatkan penalti penting di final melawan Spanyol, ia tidak masuk tim senior.

Gareth Southgate, pelatih timnas Inggris, menyatakan performa Trafford sepanjang musim ini belum memenuhi standar untuk masuk skuad. Southgate menyebutkan ada pemain lain yang tampil lebih baik dari Trafford sehingga membuatnya dikeluarkan dari tim.

 

Performa kiper Burnley tersebut, kurang mumpuni dalam skuad tim, khususnya dalam hal kebobolan dan kesalahan berujung gol, nampaknya tak sesuai ekspektasi yang dipatok timnas. Meski terbilang sebagai talenta menjanjikan, performanya sepanjang musim 2023/2024 belum memenuhi standar yang dipersyaratkan untuk masuk timnas Inggris di Euro 2024. Keputusan ini mencerminkan standar dan ekspektasi tinggi yang ditetapkan kepada para pemain yang mewakili timnas Inggris di turnamen besar seperti Euro 2024.

 

Harry Maguire (Manchester United)

Gareth Southgate mencoret Harry Maguire dari skuad tim nasional Inggris memang merupakan kejutan besar, mengingat Maguire sering dianggap sebagai salah satu anak emas pelatih 53 tahun tersebut.

Maguire mungkin tidak menunjukkan performa terbaiknya dalam pertandingan terakhir di level klub. Jika performanya menurun, Southgate mungkin merasa perlu memberikan kesempatan kepada pemain lain yang sedang dalam performa terbaik. Apalagi, pemain bek Manchester United itu sudah mengalami cedera betis dan proses penyembuhan cedera Maguire berjalan lambat sehingga pelatih 3 tahun tersebut terpaksa mencoretnya.

 

Jack Grealish (Manchester City)

Pencoretan Jack Grealish oleh Gareth Southgate dari skuad tim nasional Inggris pasti mengejutkan banyak penggemar sepak bola, mengingat Grealish adalah salah satu pemain kreatif yang sering diandalkan dan pemain bertalenta yang sudah membawa klub Manchester City Juara Liga Inggris musim ini.

Baca Juga:  Pemilihan Harry Maguire ke Skuad Timnas Inggris Tuai Kontroversi

 

Sebuah laporan dari The Athletic menunjukkan bahwa mungkin ada masalah kepercayaan antara Southgate dan Grealish, dengan Southgate dilaporkan tidak sepenuhnya mempercayai Grealish dan kekhawatiran tentang “citra pesta” Grealish yang berdampak pada posisinya di tim. Selain itu, Southgate telah memperingatkan Grealish tentang kebiasaan berpesta, yang menunjukkan potensi kekhawatiran tentang perilaku Grealish di luar lapangan.

 

Bentuk dan Kinerja. Performa dan performa Grealish di Manchester City juga disebut-sebut sebagai faktor potensial yang menyebabkan dia dikeluarkan dari skuad, dengan adanya laporan tentang kesulitan mendapatkan performa terbaiknya selama musim 2023-24. Singkatnya, keputusan Gareth Southgate untuk mencoret Jack Grealish tampaknya dipengaruhi oleh kombinasi masalah cedera, pertimbangan taktis, masalah kepercayaan, serta citra dan performa Grealish di luar lapangan.

 

Jarrad Branthwaite (Everton)

Gareth Southgate mencoret Jarrad Branthwaite dari skuad Inggris untuk Piala Euro 2024 memang menjadi topik yang menarik untuk dibahas, terutama mengingat Branthwaite adalah salah satu bek muda yang menjanjikan.

Pengecualian Branthwaite dari skuad telah menimbulkan pertanyaan dan kekecewaan di kalangan penggemar, dengan beberapa orang menyatakan keyakinan bahwa dia seharusnya dipilih dari pada pemain lain. Perlu dicatat bahwa penampilan Branthwaite untuk Everton telah menarik perhatian Gareth Southgate, yang menyebabkan dia dimasukkan dalam skuad Inggris untuk pertandingan internasional sebelum turnamen Euro 2024.

Skuad Inggris untuk Euro 2024

Kiper

Dean Henderson (Crystal Palace), Jordan Pickford (Everton), Aaron Ramsdale (Arsenal)

Bek

Lewis Dunk (Brighton), Joe Gomez (Liverpool), Marc Guehi (Crystal Palace), Ezri Konsa (Aston Villa), Luke Shaw (Man United), John Stones (Man City), Kieran Trippier (Newcastle), Kyle Walker (Man City)

Gelandang

Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Conor Gallagher (Chelsea), Kobbie Mainoo (Man United), Declan Rice (Arsenal), Adam Wharton (Crystal Palace)

Penyerang

Jude Bellingham (Real Madrid), Jarrod Bowen (West Ham), Eberechi Eze (Crystal Palace), Phil Foden (Man City), Anthony Gordon (Newcastle), Harry Kane (Bayern Muenchen), Cole Palmer (Chelsea), Bukayo Saka (Arsenal), Ivan Toney (Brentford), Ollie Watkins (Aston Villa)

 

Penulis: Fajri l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda