Lifestyle

Simak! 5 Buah Berikut Ini Bisa Hancurkan Kolesterol

Jakarta, Deras.id – Penyakit kolesterol atau hiperkolesterolemia disebabkan karena kolesterol yang terkandung dalam darah melebihi batas normal sehingga penyakit ini tidak mengenal usia baik tua, muda, kurus atau gemuk.

Jika kolesterol terlalu tinggi maka bisa mengakibatkan penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu sangat perlu memeriksakan kadar kolesterol dalam tubuh.

Lantas bagaimana jika penderita mengidap kolesterol tinggi? Adakah solusi yang bisa diusahakan tanpa harus mengonsumsi obat. Ternyata terdapat buah yang bisa menurunkan kolesterol tinggi yang mudah di dapat.

Pertama, alpukat. Banyak yang menganggap alpukat memiliki lemak tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan. memang kandungan lemak dalam alpukat bisa mencapai 16%, namun kandungan lemak yang dimaksud ternyata kandungan lemak sehat karena 63% merupakan asam lemak tak jenuh, terutama jenis lemak tak jenuh tunggal.

Lemak ini memiliki fungsi antioksidan sehingga mampu menjaga pembuluh darah dari kerusakan ateri karena penumpukan kolesterol jahat. Selain baik untuk menjaga pembuluh darah alpukat juga mengandung omega 9 yang mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap rendah.

Kedua, tomat. Melalui riset buah tomat sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol. Melalui jurnal Maturitas menunjukan bahwa khasiat tomat yang dimasak hampir sama dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung).

Senyawa likopen yang terdapat pada tomat matang merupakan antioksidan penting yang mampu mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Selain itu kandungan vitamin B dan kalium mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Ketiga, jeruk nipis. Kandungan senyawa flavonoid mampu menurunkan tingkat produksi kolesterol dengan begitu buah ini mampu mengurangi risiko serangan jantung. Buah yang mengandung flavonoid tinggi selain jeruk nipis juga terdapat pada buah delima, tomat, teh, brokoli, serta bawang merah dan bawang bombay.

Untuk mengonsumsinya bisa diiris tipis dan menyeduhnya dengan air panas dan didiamkan selama 30 menit. Sebaiknya dikonsumsi sehari dua kali pagi dan malam.

Keempat, semangka. Buah ini sangat digemari banyak orang karena mampu menghilangkan rasa dahaga dalam tubuh dan tenggorokan. Ternyata selain itu ada khasiat penting yakni mampu menurunkan kolesterol karena kandungan likopen sama dengan kandungan yang terdapat dalam tomat.

Kelima, apel. Kandungan zat beta-glucat di dalam buah ini mampu mengontrol produksi kolesterol dalam darah, selain itu juga mampu mencegah arteri mengeras. Dapat dipahami bahwa apel dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke. Apel juga banyak diolah menjadi cuka apel, jika mengonsumsinya secara teratur dapat meningkatkan kolesterol baik.

Penulis: Una l Editor: Apr

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda