Suksesi 2024

Sikap Gibran Selama Debat Disorot, Bukan Kritis Justru Lecehkan Paslon Lain

Jakarta, Deras.id – Debat yang digelar KPU untuk Cawapres pada Minggu (21/1/2024) menarik perhatian publik. Salah satunya adalah sikap dan cara Cawapres Gibran Rakabuming Raka yang dinilai melecehkan paslon lain selama proses debat berlangsung.

“Menyayangkan sikap mas @gibran_tweet mala mini. Sedikit jahil berbeda dengan sikap melecehkan orang lain. Dan itu yang tadi ditunjukkan mas Gibran berulang-ulang kepada kedua kandidat lain,” tulis Alissa Wahid melalui akun X pribadinya.

“Minta maafnya tidak tulus, mas,” imbuhnya lagi.

Selama debat berlangsung, Gibran memang kerap mengungkapkan beberapa kalimat tidak sopan kepada Gus Muhaimin selaku cawapres nomor urut 1 dan Mahfud MD sebagai cawapres nomor urut 3.

Di antaranya tuduhan kepada Gus Imin menggunakan catatan sebagai contekan maupun pertanyaannya kepada Mahfud MD terkait greenflation tanpa ada penjelasan terlebih dahulu. Padahal setiap paslon harus menjelaskan detail pertanyaan yang dimaksud terlebih jika ada singkatan atau istilah yang tidak umum.

Baca Juga:  Bakal Bertemu Prabowo, Gibran: Nggak Ada Kaitannya dengan Musra

Hal ini langsung menuai reaksi netizen dan pakar. Gibran kena sentiment negatif atas sikapnya sementara Gus Imin serta Mahfus MD menuai reaksi positif. Terlebih sentilan Gus Imin dalam merespons sikap putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

Cawapres Anies Baswedan ini paling banyak mendapat sentiment positif mencapai 80 persen sebagaimana data analis media sosial Drone Emprit selama momen debat yakni pukul 19.00-22.00 WIB. Sentiment negatif untuknya hanya 6 persen, dan 14 persen lainnya netral. Ini dinilai sebagai wajah citra positif Gus Imin.

“Ini menunjukkan bahwa Muhaimin Iskandar memiliki dukungan yang sangat kuat dan citra yang positif di media sosial pada periode waktu tersebut,” papar Founder Drone Emprit Ismail Fahmi melalui akun X pribadinya.

Penulis: Ifta l Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda