Lifestyle

Rekomendasi Museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jakarta, Deras.id – Ramainya tren museum date di sosial media membuat kita menyadari bahwa tempat bersejarah tidak lagi diasosiakan sebagai kawasan kuno dan tidak kekinian.

Dengan pergi ke museum, kita dapat lebih mengeksplor dan mempelajari sejarah lebih dalam, loh! Bahkan kini, beberapa museum di Jakarta menawarkan kegiatan, workshop, atau experience lainnya yang dapat dicoba para pengunjung seperti kelas pottery, membatik, dan lain sebagainya.

Berikut 4 museum di Jakarta lengkap dengan informasi mengenai harga, jam masuk, serta kegiatan seru yang bisa anda lakukan.

  • Museum Fatahillah Kota Tua

Menjadi salah satu tempat wisata Jakarta paling populer, Museum Fatahillah seperti wajib didatangi oleh setiap orang yang ada di Jakarta. Dikenal juga sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Kawasan Kota Tua.

Bangunan Museum Fatahillah dahulunya merupakan Gedung Kantor Gubernur Batavia. Di Museum Fatahillah, anda dapat melihat sejarah perjalanan Jakarta serta beberapa replika peninggalan masa Tarumanegara dan Padjajaran. tidak hanya itu, tersedia juga beberapa prasasti serta furnitur antik berumur ratusan tahun peninggalan jaman penjajahan.

Bangunan gedung Museum Fatahillah terdiri atas bangunan utama dengan sayap kiri dan kanan. Arsitektur khas bangunan eropa yang semakin menambah keunikan dari tempat ini. Salah satu bagian ikonik yang selalu dikunjungi orang-orang saat datang ke Museum Fatahillah adalah ruangan penjara bawah tanah dengan desain atap pendek yang membuat tahanan tidak bisa berdiri.

Baca Juga:  Mengenal Warteg Kharisma Bahari, Warteg Andalan di Berbagai Daerah

Museum Fatahillah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang mendukung kenyamanan para pengunjung, seperti perpustidakaan, kantin museum, toko souvenir, musholla, sinema Fatahillah, dan pastinya ada ruang pameran serta pertemuan.

Alamat: Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
Jam Buka: Selasa – Minggu (09.00 – 15.00)
Harga Tiket: Mulai dari Rp2.000 – Rp5.000 per orang

  • Museum Macan

Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) dapat dibilang  sebagai museum di Jakarta yang menyajikan banyak koleksi seni modern dan temporer, baik dari dalam negeri ataupun luar negeri. Dibandingkan museum, tempat yang satu ini memanglah lebih condong ke galeri seni. Akan ada event pameran berbeda setiap waktunya bergantung pada periode.

Saat ini, anda bisa melihat instalasi karya milik Isabel & Alfredo Aquilizan hingga dan Ai Weiwei 8 Agustus 2023. Supaya anda tidak ketinggalan informasi terkait pameran yang sedang berlangsung, jangan lupa cek secara berkala website resmi milik Museum Macan.

Baca Juga:  Rekomendasi Bunga Cantik dan Cocok untuk Hiasan di Rumah

Alamat: AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530
Jam Buka: Selasa – Minggu (10.00 – 18.00)
Harga Tiket: Mulai dari Rp100.000/orang

  • Museum Bank Indonesia

Penasaran dengan sejarah alat pembayaran atau uang di Indonesia? Museum di Jakarta berikut ini bisa anda jangkau dengan transportasi umum, yakni KRL karena lokasinya berdekatan dengan Stasiun Jakarta Kota.

Dibangun pada tahun 1828, Museum Bank Indonesia dulunya merupakan gedung yang digunakan oleh De Javasche Bank. Di dalam museum ini terdapat sejarah mengenai peran Bank Indonesia, sejarah alat pembayaran di Indonesia, hingga ruang berisi emas batangan.

Dikemas dengan lebih modern, Museum Bank Indonesia justru lebih banyak menyajikan diorama, panel statistik, televisi plasma, ataupun display elektronik lainnya. Museum ini pun dilengkapi dengan AC sehingga anda gak akan kepanasan saat berkeliling area museum. tidak hanya itu, fasilitas lain yang terdapat di area Museum BI, seperti ruang auditorium, ruang serbaguna, ruang pameran temporer, masjid, toilet, hingga are penitipan barang.

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.3, RT.4/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
Jam Buka: Selasa – Minggu (08.00 – 15.30), Senin dan Libur Nasional Tutup
Harga Tiket: Rp5.000/orang

  • Museum Nasional
Baca Juga:  Puasa Syawal, Ibadah Sunnah yang Punya Banyak Keutamaan

Museum Nasional atau Museum Gajah merupakan salah satu museum di Jakarta yang wajib anda sambangi. Berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, di museum ini anda bisa mempelajari berbagai macam sejarah melalui arca dan prasasti sebagai koleksi utamanya.

Mengutip website resmi dari Museum Nasional, anda dapat menemukan 140.000 koleksi benda bersejarah.

Di samping wisata sejarah, terdapat immersive experience baru bernama ImersifA yang ditawarkan oleh Museum Nasional. Dengan memanfaatkan teknologi imersif, ruangan ini ditujukan untuk menciptidakan pengalaman interaktif baru bagi para pengunjung. Kemudian, Museum Nasional juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti ruang pameran, ruang konferensi, perpustidakaan, laboratorium, ATM Center, toilet, serta kantor Museum Nasional.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Jam Buka: Selasa – Minggu (08.00 – 14.00)
Harga Tiket: Mulai dari Rp15.000 – Rp35.000 per orang

Penulis: M.FSA    I Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda