Lifestyle

Rekomendasi Gunung di Jawa timur yang Cocok Dicoba Para Pendaki

Jakarta, Deras.id – Bagi sobat Deras yang hobi mendaki tentu menjadi tantangan untuk menjajaki pengalaman di gunung yang belum pernah di datangi. Terutama bagi kalian orang jawa timur, berikut kami rekomendasikan beberapa gunung di Jawa timur yang menarik untuk dijajaki oleh para pendaki.

  1. Gunung Lawu Magetan

Gunung kerucut yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 3.265 mdpl. Gunung yang masuk dalam 3 wilayah kabupaten (Ngawi dan Magetan, Jawa Timur serta Karanganyar, Jawa Tengah) ini memiliki tiga puncak yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah. Jalur pendakiannya ada tiga yaitu Jalur Cemorosewu di Jawa Timur serta Jalur Cemorokandang dan Jalur Candi Cetho di Jawa Tengah. Meskipun cukup tinggi, namun jalur pendakian Gunung Lawu relatif bersahabat untuk pendaki pemula karena jalurnya sudah tertata dengan baik.

Baca Juga:  Rekomendasi Lagu Galau untuk Temani Anda, Dijamin Menguras Emosi

2. GunuRekomendasi, gunung, Jawa Timur, Pendaki,ng Kelud Blitar

Berlokasi di antara Kabupaten Blitar dan Kediri, Gunung Kelud juga sangat direkomendasikan bagi pendaki pemula lho! Pasalnya gunung ini memiliki ketinggian 1.731 mdpl yang bisa ditempuh hanya dengan waktu 4 jam saja untuk sampai puncak dengan jalur tracking yang lumayan menantang. Jalur favorit para pendaki Gunung Kelud adalah via Tulungrejo, Blitar. Sementara itu, fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata Gunung Kelud juga cukup lengkap lho! Mulai dari toilet, mushola, warung penjual makanan dan minuman hingga base camp yang bisa digunakan pendaki untuk beristirahat.

3. Gunung Ijen Bondowos

Gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso ini memiliki ketinggian 2.368 mdpl. Gunung yang memiliki daya tarik berupa blue fire atau api biru ini sudah sangat terkenal hingga mancanegara. Bukan hanya menyaksikan blue fire, di gunung ini kamu juga bisa menikmati indahnya sunrise dari puncaknya. Untuk kalian yang penasaran untuk melihat blue fire Gunung Ijen, sebaiknya kalian mendaki pada malam hari. Karena blue fire hanya dapat dilihat sebelum matahari terbit.

Baca Juga:  Rekomendasi Kain Batik untuk Seragam Keluarga Saat Lebaran

4. Gunung Bromo Malang-Probolinggo-Lumajang

Gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl ini terletak dalam wilayah 4 kabupaten yaitu Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo. Di gunung yang menjadi wisata andalan Jawa Timur ini, kamu bisa memilih untuk mendaki dengan berjalan kaki atau dengan menyewa jeep wisata.

5. Gunung Penanggungan Mojokerto

Gunung Penanggungan atau yang memiliki nama kuno dengan Gunung Pawitra, adalah gunung yang berada pada sisi barat Kabupaten Mojokerto dan sisi timut Kabupaten Pasuruan. Gunung Penanggungan memiliki ketinggian 1.653 mdpl, Gunung Penanggungan sering dianggap sebagai miniatur dari Gunung Semeru, karena hamparan puncaknya yang sama-sama terdapat pasir dan batuan yang luas. Gunung penanggungan juga dikelilingi oleh puncak bukit lainnya seperti Gajahmungkur (1.087 m), Bekel (1.238 m), Kemuncup (1.227 m), dan Sarahklopo (1.275 m).

Baca Juga:  Meletus Berturut-Turut, Gunung Semeru dalam Bahaya Sekunder

Penulis: M.FSA I Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda