Olahraga

Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Dikalahkan Irak

Jakarta, Deras.Id –Timnas Indonesia mengalami penurunan peringkat pada ranking FIFA setelah dipaksa menelan kekalahan dengan skor 0-2 saat menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Kekalahan ini pun menyebabkan berkurangnya poin Timnas Indonesia di peringkat FIFA. Berdasarkan perhitungan Footy Rankings, mereka mengalami penurunan poin sebesar -8,35 dengan jumlah 1,097 poin. Skuad Timnas Indonesia diperkirakan posisi mereka akan turun dari peringkat 134 menjadi 135. menyusul kekalahan dari Irak.

Namun demikian, Timnas Indonesia berpeluang untuk memperbaiki posisi ranking FIFA. Syaratnya yakni dengan mengalahkan Filipina pada laga pemungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sejarah naik turunya rangking FIFA Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia berada dalam kondisi yang rumit sebelum Shin Tae-yong datang. Skuad Garuda meraih hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia, kalah lima laga beruntun di waktu kepelatihan Simon McMenemy. Kemudian PSSI era Mochamad Iriawan mendepak pelatih asal Inggris tersebut dan digantikan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-young pada tahun 2020 untuk skuad timnas Indonesia.

Baca Juga:  Jalan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

Debut pertama Shin Tae-yong baru terjadi pada Mei 2021. Pada laga uji coba jelang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia kalah dengan skor 1-3 dari Oman.

Pada Februari 2020, saat Shin Tae-yong datang, Indonesia berada di posisi 173 ranking FIFA. Posisi itu bertahan hingga Mei 2021.

Shin Tae-yong memulai langkah pertamanya di Timnas Indonesia dengan fokus membangun generasi baru. Dia mempromosikan pemain muda seperti Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, dan Rizky Ridho ke level senior. Selain itu, era kepemimpinan Mochamad Iriawan di PSSI kala itu juga aktif menggelar laga uji coba untuk mengisi kalender FIFA, yang berkontribusi pada kenaikan peringkat FIFA Indonesia. Pada Agustus 2022, Indonesia berada di peringkat FIFA ke-160, dan hingga 2023, peringkat tersebut terus meningkat secara perlahan hingga menutup 2023 dengan berada di posisi ke-146 ranking FIFA.

Baca Juga:  EURO 2024: Lolos ke 16 Besar, Jerman Semakin Membaik

Pada bulan April 2024, Timnas Indonesia mengalami kenaikan peringkat yang signifikan dalam daftar World Ranking FIFA. Setelah kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21-27 Maret 2024, peringkat FIFA timnas sepak bola Indonesia melonjak ke posisi ke-134 dunia. Hal ini merupakan lonjakan delapan peringkat dari posisi sebelumnya, yaitu ke-142. Perolehan poin Timnas Indonesia naik 2,80% menjadi 1.102,70 poin per 4 April 2024. Dengan demikian, Indonesia berhasil menempati posisi ketiga di kawasan Asia Tenggara, di bawah Vietnam dan Thailand serta menyalip sang rival Timnas Malaysia. Kenaikan peringkat ini didorong oleh dua kemenangan atas Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia bulan sebelumnya. Kemenangan ini membawa tambahan poin yang signifikan bagi Timnas Indonesia, sehingga meroket dalam peringkat FIFA.

Baca Juga:  Iraq Lebih Kuat, Tapi Indonesia Siap Menang

Namun, Indonesia untuk sementara harus kembali disalip oleh sang rival abadi, Timnas Malaysia yang bermain imbang 1-1 kontra tuan rumah Kirgistan. Keberhasilan membawa pulang satu poin dari lawatan ke Kirgistan membuat Malaysia mendapatkan tambahan 2,81 poin.

Timnas Indonesia akan menjamu Filipina di SUGBK pada 11 Juni 2024. Jika imbang apalagi kalah, sementara Vietnam menang atas Irak, maka peluang Merah Putih lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia otomatis tertutup.

Dengan demikian, skuad Timnas Indonesia harus bawa kemenangan dari Filipina. Karena akan dampak yang signifikan terhadap peringkat FIFA Timnas Indonesia serta melaju ke babak selanjudnya di kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

Penulis: Fajri l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda