Olahraga

Penentuan Nasib Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23: Pulang atau Semifinal

Advertisement

Jakarta, Deras.id – Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023 mendapat bantuan tak terduga dari Timnas Thailand U-23. Peluang timnas ke semifinal terbuka setelah pertandingan terakhir penyisihan grup A yang berlangsung Senin (21/8/2023), Thailand berhasil memenangkan pertandingan 2-0.

Diketahui, setelah mengalami kekalahan melawan Timnas Malaysia U-23 dalam laga pembuka, Timnas Indonesia U-23 berada dalam situasi sulit. Bahkan kemenangan melawan Timor Leste belum cukup untuk memastikan langkah mereka ke semifinal Piala AFF U-23. Untuk lolos, mereka harus bergantung pada hasil dan bantuan dari tim lain.

Kemenangan Thailand atas Kamboja membuat raksasa sepakbola Asia Tenggara itu meraih gelar juara grup A dan secara resmi mendapatkan tiket ke semifinal Piala AFF U-23. Di sisi lain, Kamboja dipastikan tersingkir karena berdasarkan regulasi klasemen runner-up terbaik, poin yang diperoleh saat melawan tim juru kunci di penyisihan grup yang terdiri dari empat tim tidak dihitung.

Piala AFF U-23 sendiri melibatkan 10 tim yang dibagi menjadi tiga grup. Satu grup berisi empat tim, sementara dua grup lainnya berisi tiga tim. Agar jumlah pertandingan yang dihitung tetap seimbang, hasil pertandingan melawan tim juru kunci di Grup A tidak dihitung.

Melihat regulasi ini, Timnas Indonesia U-23 saat ini berada di posisi kedua dalam klasemen sementara Grup B Piala AFF U-23 dengan tiga poin. Timnas Malaysia U23 juga memiliki jumlah poin yang sama, namun Timnas Indonesia unggul dalam head to head.

Berdasarkan aturan dalam regulasi runner-up terbaik, Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat pertama dengan tiga poin. Di peringkat kedua dalam kategori runner-up terbaik ada Filipina dengan satu poin.

Advertisement

Meskipun Timnas Indonesia U-23 saat ini berada dalam posisi yang lebih menguntungkan dalam klasemen runner-up terbaik, mereka belum sepenuhnya aman. Mereka masih harus menunggu hasil pertandingan antara Vietnam vs. Filipina dan Malaysia vs. Timor Leste yang akan digelar pada Selasa (22/8) pukul 20.00 WIB.

Dalam situasi ini, Timnas Indonesia U-23 sangat berharap agar Vietnam dapat memberikan kontribusi dengan mengalahkan Filipina pada pertandingan hari ini.

Penulis: Toro l Editor: Saiful

Advertisement

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda