Lifestyle

Mengantuk Saat di Kantor? Pijat 4 Titik ini untuk mengatasinya

Jakarta, Deras.id –  Rasa kantuk bisa datang kapan saja, termasuk saat sedang bekerja. Bila dibiarkan mata yang mengantuk akan sulit dibuka, akhirnya pekerjaan pun lambat diselesaikan dan menumpuk. Minum kopi adalah cara yang umum dilakukan untuk menghilangkan kantuk ketika berada di kantor.

Namun jika meminumnya terlalu sering, masalah kesehatan seperti sakit kepala hingga detak jantung yang cepat mungkin saja terjadi. Kafein yang terdapat dalam kopi bagi sebagian orang juga tidak lagi bekerja sebagaimana mestinya. Selain minum kopi, terdapat cara alternatif yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantuk saat bekerja, yakni dengan pijat.

  • Titik Jing Ming

Titik pijat ini dikenal sebagai titik terang, karena dapat meremajakan mata dan bahkan efektif untuk mengatasi kerutan. Menatap layar terus-menerus saat sedang bekerja, membuat mata kering dan lelah sehingga mengantuk. Jika itu yang terjadi, cobalah pijat titik ini yang berada di sudut dalam setiap mata. Letakkan ibu jari pada tulang titik ini dan tekan perlahan ke arah dalam dan agak ke atas. Saat memijatnya, seharusnya tidak merasakan ketidaknyamanan apa pun dan pastikan pijatan tidak mengenai bola mata.

  • Titik He Gu

Titik pijat ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di seluruh bagian tubuh. Peningkatan sirkulasi darah ini, akan menjadi bahan bakar bagi otak sekaligus tubuh untuk tetap terjaga. Titik He Gu berada di masing-masing tangan di jaringan kulit antara jari telunjuk dengan ibu jari. Tekan titik pijat mengantuk ini menggunakan jempol dari tangan yang lain selama beberapa detik dan pastikan tekanannya kuat.

  • Titik Feng Chi

Letak titik pijat ini berada di belakang leher, dekat pangkal tengkorak. Ini merupakan titik cermin, sehingga bisa diaktifkan secara bersamaan. Pijat dengan tekanan yang kuat sambil menarik napas dalam-dalam, bisa juga dengan gerakan sedikit menggosok jika merasa nyaman. Memijatnya efektif membersihkan otak dari segala ketegangan atau kabut yang mungkin menyebabkan tubuh kelelahan.

  • Titik Zhong Chong

Ini merupakan titik pijat yang dapat membuat terjaga. Titik pijat mengantuk ini letaknya berada di ujung jari. Ketika dipijat, energi stagnan akan dilepaskan, sehingga tubuh dapat menyeimbangkan kembali jam internal, yang memengaruhi kapan harus tidur dan terjaga. Untuk memijatnya, lenturkan tangan terlebih dahulu dengan merenggangkan jari-jari, lalu gunakan tangan lain untuk menekannya secara lembut.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda