Lifestyle

Manfaat Susu Kedelai! Jaga Kesehatan Jantung Hingga Kurangi Risiko Kanker

Satu gelas susu kedelai mengandung 100 kalori dan berbagai nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak hingga serat. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B, Vitamin D, Vitamin E, kalsium, zat besi, fostor, mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan juga isoflavor.

Oleh karena itu susu kedelai ini bisa dikonsumsi semua lini mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga ibu hamil dan menyusui. Tak jarang bagi orang yang alergi dengan susu sapi dapat menggantinya dengan susu kedelai atau jenis susu nabati lainnya, di mana kandungan gizinya tidak jauh berbeda dari susu sapi rendah lemak. Selain rasanya juga yang tidak kalah enak, susu kedelai juga mudah dibuat hanya dengan merendamnya kedelai, menghaluskannya dan lalu menyaringnya sehingga ampas dan sarinya terpisah setelah itu baru direbus dan siap dikonsumsi.

Berikut manfaat yang terkadung dalam dalam susu kedelai:

Baca Juga:  5 Kebiasaan Harian yang Dapat Membuat Postur Badan Buruk

Pertama, menjaga kesehatan jantung. Susu kedelai kaya akan kalium, protein, antioksidan dan omega-3 sehingga sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Oleh karena itu konsumsi kedelai sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Kedua, mengurangi risiko penyakit kanker. Kandungan isoflavor yang terdapat dalam susu kedelai mampu menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker prostat pada pria. Selain itu jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat mampu mengurangi risiko kanker payudara juga.

Namun untuk tetap menjaga kesehatan, bukan hanya rutin mengonsumsi susu kedelai akan tetapi juga harus melakukan pencegahan seperti berhenti merokok, menjalani pola hidup sehat, tidak meminum alkohol, berolah raga secara rutin juga menjaga kondisi mental sehingga tidak mengakibatkan stres.

Ketiga, menjadi susu alternatif pengganti susu sapi. Jika alergi terhadap susu sapi maka susu kedelai bisa menjadi alternatif. Bukan hanya itu jika seseorang menjalani pola makan vegetarian konsumsi susu kedelai bisa menjadi penggantinya. Tak jarang orang mengalami alergi ketika mengonsumsi susu sapi karena terdapat kandungan laktosa dan protein yang mampu memicu reaksi alergi, juga gluten yang tidak cocok dikonsumsi oleh orang yang alergi gluiten atau penyakit celiac. Oleh karena itu karena susu kedelai tidak mengandung hal tersebut, tidak jarang orang menganti susu sapi dengan susu kedelai atau susu nabati lainnya.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami, Medis dan Skincare di Usia 40 Tahun

Keempat, memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan protein, vitamin dan mineral yang baik mampu menjaga imunitas tubuh sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga karena dari kandungan tersebut mampu menjaga kinerja sel darah putih sehingga menghasilkan antibodi. Selain itu juga susu kedelai adalah sumber antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas dan bakteri atau virus penyebab peyakit.

Kelima, mengurangi gejala menopause. Banyak penelitian menunjukan kandungan isoflavor dalam susu kedelai memiliki sifat fitostrogen yang mampu menjaga kadar hormon ekstrogen di dalam tubuh tetap seimbang. Oleh karena itu sangat baik untuk mengurangi gejala menopause karena penyebab gejala menopause adalah berkurangnya hormon estrogen yang terjadi secara alami karena bertambahnya usia.

Keenam, menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan vitamin D yang terdapat dalam susu kedelai mampu meningkatkan kesehatan tulang jika dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Tempat Staycation Instragamable di Jakarta

Ketujuh, mencegah anemia. Kandungan zat besi, folat dan vitamin B12 sangat penting untuk menjaga produksi sel-sel darah merah oleh karena itu susu kedelai mampu mencegah anemia.

Namun, jika mengalami kondisi tubuh tertentu dan ragu untuk mengonsumsi susu kedelai lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah susu kedelai itu aman dikonsumsi atau tidak.

Penulis: Una l Editor: Apr

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda