Lifestyle

Manfaat Gerakan Sit Up untuk Kesehatan

Jakarta, Deras.id – Sit up adalah latihan perut yang dilakukan dengan berbaring telentang dan mengangkat tubuh bagian atas. Gerakan ini menggunakan berat badan untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut. Gerakan sit up memengaruhi rectus abdominis, transverse abdominis, dan obliques selain fleksor pinggul, dada, dan leher. Selain itu, sit up juga dapat membentuk postur tubuh yang baik dengan melatih otot punggung bawah dan gluteal.

Sit up merupakan gerakan sederhana yang lebih mudah untuk dipraktikkan. Manfaat sit up yang bisa kita rasakan di kehidupan sehari-hari antara lain:

  • Meningkatkan massa otot

Sit up dapat bermanfaat untuk membangun kekuatan otot pada otot perut dan pinggul. Menurut penelitian tahun 2016, wanita yang yang mampu melakukan sit up memiliki kemuning lebih kecil untuk mengalami sarcopenia atau hilangnya otot secara alami akibat penuaan. Wanita yang mampu melakukan lebih dari 10 kali gerakan sit up memiliki tingkat massa dan fungsi otot yang lebih tinggi. Meskipun hasil ini menjanjikan, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memperluas bukti temuan ini.

  • Meningkatkan kekuatan inti
Baca Juga:  Timnas Indonesia Berangkat Ke Hanoi

Dengan memperkuat, mengencangkan, dan mengencangkan otot inti, kita dapat mengurangi risiko sakit punggung dan cedera. Selain itu, meningkatkan kekuatan inti dengan sit up membuat kita dapat bergerak dengan lebih mudah saat menyelesaikan aktivitas harian maupun aktivitas atletik.

  • Meningkatkan Fleksibilitas

Menggerakkan tulang belakang saat sit up dapat membantu melonggarkan kekakuan pada tulang belakang dan pinggul. Sit up membuat pinggul lebih fleksibel sehingga meningkatkan mobilitas dan meredakan ketegangan dan sesak. Peningkatan fleksibilitas juga berarti meningkatkan sirkulasi dan konsentrasi, mengurangi stres, dan meningkatkan tingkat energi.

  • Meningkatkan keseimbangan dan stabilitas

Otot ini yang kuat membantu menjaga keseimbangan tubuh saat bergerak sepanjang aktivitas harian maupun atletik. Keseimbangan yang baik membuat kita lebih kecil kemungkinannya untuk jatuh dan melukai diri sendiri.

  • Meningkatkan performa atletik
Baca Juga:  Ketahui 5 Makanan Penyebab Gigi Kuning

Otot inti yang kuat terkait dengan peningkatan kekuatan dan daya tahan otot pada atlet atau profesional. Otot inti yang kuat memberi postur, stabilitas, dan bentuk tubuh yang tepat sehingga membuat kita mampu tampil di level yang lebih tinggi selama olahraga atau aktivitas fisik apa pun.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda