PolitikPolitik

Makin Maju Dipimpin Anna Mu’awanah, Bojonegoro Raih Banyak Prestasi

Jakarta, Deras.id- Dewan Pimpinan Pusat PKB telah mengeluarkan surat rekomendasi kepada 65 orang untuk maju di Pilkada 2024. Satu di antaranya jatuh ke tangan Anna Mu’awanah.

Anna adalah Bupati Bojonegoro pada periode 2018-2023. Pada pemilu 2024 lalu, dia terpilih menjadi anggota DPR RI dari daerah pilihan IX Kabupaten Bojonegoro dan Tuban.
Berbekal rekomendasi PKB, Anna yang merupakan bupati perempuan pertama Bojonegoro itu, siap kembali bertarung untuk periode kedua kepemimpinannya.

Sekretaris DPC PKB Bojonegoro Abdullah Umar mengatakan terus merajut komunikasi politik dengan parpol lain tanpa ada batasan. Menurutnya, semakin banyak rajutan komunikasi yang ia jalin, akan semakin baik untuk diajak koalisi.

Agenda komunikasi tersebut di antaranya soal posisi cawabup. Umar menjelaskan bahwa DPP PKB membebaskan Anna untuk menentukan cawabup. “Soal cawabup, itu diserahkan sepenuhnya ke Bu Anna,” kata Umar.

Baca Juga:  Isu Munaslub, Semua DPD Golkar Solid Dukung Airlangga Hartarto

Sebelum terjun ke politik, Anna dikenal sebagai seorang pengusaha. Dia adalah Komisaris di PT Sinarindo Mega Perkasa dan Direktur utama di PT Fortuna Megah Perkasa. Pada Pilkada 2018, Anna maju berpasangan dengan Budi Irawanto yang direkomendasikan PDIP. Keduanya lalu terpilih sebagai bupati-wakil bupati.

Perempuan kelahiran Tuban Jawa Timur tersebut pernah menjadi anggota DPR RI selama tiga periode. Pada 2004-2009 dia ditugaskan di Komisi XI membidangi Keuangan dan Perbankan. Pada 2009-2014 Anna dipercaya menduduki posisi sebagai wakil ketua Komisi IV. Sementara pada periode 2014-2019, Anna bertugas kembali di Komisi XI DPR RI. Namun, pada Juli 2016, ia dipindah ke Komisi I hingga Januari 2018.

Di bawah kepemimpinan Anna, Bojonegoro berhasil mendapatkan penghargaan sejak 2018 hingga 2023. Penghargaan pertama, Bojonegoro meraih kategori 10 besar pemerintahan daerah berkinerja tertinggi secara nasional tahun 2022.

Baca Juga:  Gus Jazil Ajak Perusahaan di Gresik Dukung Fasilitas Kesehatan Warga

Pada ajang Indonesia Smart Nation Awards 2022, Bojonegoro mendapatkan penghargaan inovasi Smart Economy terbaik atas kesuksesan program Kartu Mandiri Petani. Ketiga, Pemkab Bojonegoro juga berhasil meraih penghargaan dari BKN Award tahun 2023 kategori Implementasi Norma, Standar Prosedur dan Kriteria Manajemen ASN terbaik dan kategori Elemen Implementasi Manajemen ASN dan Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian.

Anna diprediksi akan bertarung melawan Nurul Azizah-Nafik Sahal pada laga Pilkada 2024 mendatang. Dari hasil survei ARCI, elektabilitas Nurul dan Nafik tertinggi hingga mengalahkan petahana mantan Bupati Bojonegoro tersebut. Hasil dari survei tersebut, Nurul-Nafik mendapatkan 39,6 persen. Kemudian Anna-Sahudi 36,8 persen, Setyo Wahono-Mitroathin 15,4 persen.

Penulis: Fia l Editor: Muhibudin Kamali

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda