PolitikPolitik

Mak Rini, Bupati Perempuan Pertama Blitar yang Dijagokan PKB

Jakarta, Deras.id- Rini Syarifah atau yang biasa disapa Mak Rini, resmi mendapatkan rekomendasi dari PKB untuk kembali bertarung di Pilkada Blitar 2024. Ketua DPC PKB Blitar ini mengaku siap melanjutkan kepemimpinannya dan melaksanakan tugas dari partai.

“Kalau saya pribadi, apa yang diperintahkan oleh pimpinan partai, saya hanya bisa melaksanakan. Kalau kemaren itu sebagai ketua DPC saya sampaikan ke masyarakat umum sudah saya buka seluas-luasnya, adapun ini keputusan pusat saya hanya bisa melaksanakan,” kata Rini.

Alumnus Universitas Brawijaya itu mengungkapkan, rekomendasi yang saat ini ia pegang masih tahapan awal sebagai modal untuk menjalin komunikasi politik dengan parpol lain. Bupati perempuan pertama di Kabupaten Blitar mengatakan, mengaku akan memperjuangkan terbentuknya koalisi dengan Nasdem dan Gerindra. Dua parpol tersebut selama kni cukup dekat dengan PKB di Blitar.

Baca Juga:  Santai Tapi Tajam Tanggapi Serangan Gibran, Gus Imin Tuai Pujian

“Kami sudah komunikasi (dengan NasDem) nanti atau detailnya atau perkembangannya seperti apa kita tunggu ya kami masih saling menguatkan nanti ke depannya seperti apa itu masih proses,” ujar Mak Rini.

Mak Rini selama menjabat Bupati Blitar banyak mendapatkan penghargaan dari tingkat provinsi hingga nasional. Penghargaan tersebut diantaranya, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori pertama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2021 dan tahun 2023 kategori nindya.

Kemudian penghargaan, dari Menteri Koordinator dan Bidang Perekonomian kategori Tim Pengendali Inflasi Daerah terbaik se Jawa-Bali. Selanjutnya mendapatkan penghargaan Kabupaten sangat inovatif pada IGA (Innovative Goverment Award), tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan kinerja insentif Fiskal kategori ‘Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem’ tahun 2023 dari Kementerian Keuangan. Kemudian Pemkab Blitar tahun 2023 meraih penghargaan Nirwasinta Tantra Kepala Daerah kategori Kabupaten Besar terbaik dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca Juga:  PDIP Ungkit Kemenangan Jokowi di Pilpres 2014, PAN: Lain Aktor Lain Hasilnya

Pada pilkada sebelumnya, Mak Rini diusung oleh PKB berpasangan dengan Rahmat Santoso yang diusung oleh PAN, serta didukung PKS, berhasil mengalahkan pasangan petahana Rijanto-Marhaenis Urip Utomo yang diusung PDI Perjuangan.

Pada pilkada tahun ini, ada sejumlah nama yang berpotensi menjadi lawan Mak Rini, salah satunya crazy rich Blitar, Becky Hendriansyah atau Haji Beky.

Haji Beky yang mempunyai rumah bagai bak bintang hotel 5 itu, belakangan ini didatengin oleh Hengky Kurniawan untuk berbincang Pilkada 2024. Nama Haji Beky sudah sangat dikenal dikalangan masyarakat Blitar sebagai pengusaha dan memiliki beberapa perusahaan.

Penulis: Fia l Editor: Muhibudin Kamali

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda