Lifestyle

Lima Bahan Alami Hancurkan Batu Ginjal

Advertisement

Jakarta, Deras.id – Penyakit batu ginjal menjadi salah satu masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Banyak orang berusaha mengatasinya selain dengan obat-obatan juga mencari solusi dengan bahan-bahan alami. Berikut rekomendasi bahan alami yang bisa yang diyakini bisa menghilangkan batu ginjal.

Pertama, air lemon. Kandungan vitamin c dan asam sitrat buah lemon memberikan peranan penting untuk memecahkan batu kecil yang terbentuk akibat akumulasi kalsium. Jika batu kecil yang terdapat pada ginjal tersebut hancur maka akan dikeluarkan lewat saluran kemih.

Penelitian cross-sectional tahun 2019 menunjukan bahwa jus lemon tanpa gula menjadi obat yang efektif untuk menghancurkan batu ginjal. Mengonsumsi 4 ons lemon dapat meningkatkan kadar sitrat dalam tubuh.

Kedua, cuka sari apel. Asam sitrat yang terkandung dalam cuka apel dapat menghancurkan kalsium. Penelitian tahun 2019 menjelaskan bahwa mengonsumsi cuka apel mengurangi risiko gagal ginjal. Cara yang bisa digunakan yakni menambahkan cuka sari apel dalam air.

Baca Juga:  Waspadai 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Diabetes

Ketiga, air putih. Air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan air racun pada sel-sel tubuh bisa dialirkan ke darah, setelah itu racun tersebut akan disaring oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urin oleh karena itu secara otomatis akan memunculkan rasa haus. Mengonsumsi air dapat mempercepat pelarutan batu ginjal dengan begitu dalam sehari disarankan untuk minum 12 gelas air.

Keempat, air kemangi. Kandungan asam asetat dapat membantu pemecahan batu ginjal. Selain itu kandungan antioksidan dan anti-inflamasi dapat memelihara kesehatan ginjal. Cara mengonsumsinya bisa diseduh seperti teh.

Advertisement

Kelima, jus delima. Kandungan antioksidan yang terkadung dalam buah delima mampu menghancurkan batu ginjal dan menjaga sistem pencernaan. Cara pengelolaanya bisa dibuat jus yang dapat mengurangi Tingkat keasaman urine. Dengan pengurangan keasaman urin maka buah delima mampu mengurangi risiko perkembangan batu ginjal.

Penulis: Una l Editor: Apr

Advertisement

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda