EntertainmentInternasional

Lagu ‘Seven’ Jungkook BTS Dituduh Plagiat, Agensi Angkat Bicara

Jakarta, Deras.id – Karya terbaru Jungkook ‘Seven’ terlibat dalam tuduhan plagiarisme yang Alpha Economy pada Selasa (22/8/2023). Tuduhan itu mengklaim bahwa lagu ‘Seven’ memiliki kemiripan dengan lagu Fin.KL ‘Time of Mask’ yang dirilis pada tahun 2000 sebagai lagu b-side dari album ‘SPECIAL’ mereka.

Tuduhan tersebut diajukan terhadap Andrew Watt, Jon Bellion, Henry Walter, Theron Makiel Thomas, Latto, penulis dan komposer ‘Seven’. Komposer Yang Joon Young yang berpartisipasi dalam pembuatan lagu ‘Time of Mask’ diketahui telah meminta evaluasi termasuk sumber suara dan skala musik kedua lagu tersebut kepada produser HYBE Labels.

Kemudian, HYBE Labels memberikan tanggapan singkat yang menyatakan bahwa masalah tersebut tidak dapat diselesaikan saat ini karena Bang Si Hyuk tengah berada di Amerika Serikat untuk perjalanan bisnis. Namun, tak berselang lama dari pernyataan HYBE Labels, Big Hit Music selaku agensi yang menaungi BTS akhirnya angkat bicara perihal tuduhan tersebut.

Baca Juga:  Tengah Berseteru, SM Entertainment Konfirmasi EXO Tetap Syuting Comeback Bertujuh

“Klaim pelanggaran hak cipta terhadap lagu ‘Seven’ milik Jungkook tidak benar. ‘Seven’ diciptakan melalui kolaborasi lima komposer luar negeri. Ini adalah produk kreatif yang sama sekali tidak berhubungan dengan sebuah lagu yang dirilis 24 tahun yang lalu di Korea Selatan, seperti klaimnya. Label tersebut ingin menekankan bahwa klaim sepihak tersebut tidak sesuai dengan standar apa pun untuk menentukan pelanggaran hak cipta, seperti kesamaan substansial atau orisinalitas,” jelas Big Hit Music dalam pernyataan resmi pada 22 Agustus 2023.

Publik pun memberi dukungan kepada Jungkook BTS, karena mereka menilai bahwa tidak masuk akal jika Jungkook BTS menjiplak lagu ‘Time of Mask’ milik Fin.KL karena komposer yang terlibat dalam karya terbaru Jungkook berasal dari luar negeri. Ada pula yang berkomentar bahwa tidak ada frasa yang memiliki kemiripan dari kedua lagu tersebut.

Baca Juga:  Tiga Inspirasi Outfit Ala Lisa Blackpink, Serba Hitam di Hari Valentine

Sementara itu, sejak dirilis, ‘Seven’ Jungkook berhasil menorehkan berbagai prestasi, termasuk mendapatkan popularitas global dengan menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot 100 dan Global 200 selama 4 minggu berturut-turut, serta memasuki chart resmi Inggris ‘Single Top 100’ selama 5 minggu berturut-turut. Di tangga lagu itu, Jungkook bergabung dengan penyanyi pop populer, seperti Olivia Rodrigo, Taylor Swift, NewJeans, YOASOBI, dan masih banyak lagi.

Penulis: Dinda | Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda