Olahraga

Kevin Sanjaya Sukamuljo Gantung Raket

Advertisement

Jakarta, Deras.id- Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya resmi pensiun dari dunia olahraga yang membesarkan namanya. Pebulu tangkis kelahiran Banyuwangi tersebut secara resmi mengundurkan diri sebagai atlet Pelatnas Cipayung dan menyatakan pensiun dari dunia bulu tangkis pada Kamis (16/5/2024). Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja dalam jumpa pers di Cipayung, Jakarta Timur.

Ricky Soebagdja mengatakan bahwa dia sudah melakukan pembicaraan pada 6 April soal rencana Kevin mundur. Ia mengungkapkan pihaknya menghormati keputusan Kevin untuk mundur dari tim nasional bulu tangkis.

“Kevin izin meninggalkan pelatnas setelah kami bertemu 6 April. Ada banyak yang harus dipertimbangkan mengapa Kevin belum bisa mengumumkan mundur sejak lama,” kata Ricky dalam konferensi pers yang dihadiri di pelatnas Cipayung, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

“Saat 6 April bertemu, dia minta waktu dulu jangan dulu disampaikan karena berkaitan dengan sponsor dan lain-lain. Kami apresiasi mereka (Marcus Fernaldi Gideon/Kevin yang sudah menyumbang banyak gelar dan ranking satu dunia cukup lama. Nanti akan ada farewell Minions pada Indonesia open 2024.  Kami akan buat acara khusus untuk mereka,” Ricky menambahkan.

“Kami harus menghormati keputusan Kevin. Keputusan ini seperti yang sudah dibicarakan saat pertemuan 6 Apri. Kevin bilang silakan untuk disampaikan sekarang,” jelas Ricky.

“Harapan besar dengan minions pensiun,  regenerasi berjalan terus dan memacu yang lain mengganti senior untuk bisa ke top level,” kata Ricky mengakhiri.

Advertisement

Kevin secara terbuka juga memberikan penjelasan secara terbuka terkait keputusan pensiunnya. penjelasan ia sampaikan langsung melalui akun Instagram pribadinya. Unggahan Kevin tersebut berselang beberapa jam setelah PBSI menggelar jumpa pers di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur pada Kamis, 16 Mei 2024. Kevin mengaku telah mempertimbangkannya secara matang terkait keputusannya gantung raket. Ia bahkan sudah berdiskusi dengan orang-orang terdekat terkait keputusannya ini.

“Sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini. “Saya telah berfikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini. Dimulai dari cedera bahu saya yang tidak kian membaik sejak tahun 2017. Ditambah, partner saya cedera dan berujung kami tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024,” ungkap Kevin.

Kevin mengungkapkan gantung raket ini bukan keputusan yang mudah baginya. Tetapi ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah cedera bahu yang terjadi sejak tahun 2017 dan pensiunnya Marcus pada Maret lalu. Performa pasangan berjuluk The Minions itu mulai menurun setelah Marcus operasi tumit pertama pada Maret 2022, lalu operasi kedua pada Juli 2023.  Kevin menyebut bahwa dua alasan itu yang membuat mereka kehilangan kesempatan untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Advertisement

Saat Marcus operasi kedua, PBSI sempat memasangkan Kevin dengan Rahmat Hidayat. Mereka berlaga di Korea Masters 2024 dan Kumamoto Masters Japan 2024. Namun hasilnya masih dibawah target PBSI,  mereka kandas di babak 16 besar. Setelah itu Kevin tidak tampak lagi di pelatnas.

“Lalu saya mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun saya rasa kami kurang pas karena kami berdua sama-sama pemain depan. Setelah itu, saya berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah kedepan saya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas,” terang Kevin.

Setelah menunggu hingga pertengahan Januari 2024, jawaban yang diberikan PBSI tidak sesuai ekspektasinya. Kevin kemudian membuat keputusan besar pada akhir Februari dengan berhenti dari dunia badminton.

“Beberapa bulan saya menunggu, akhirnya saya mendapat jawaban di pertengahan Januari 2024. Tapi jawaban yang diberikan tidak sesuai harapan saya. Saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya saya di akhir bulan Februari memutuskan untuk berhenti dari dunia bulu tangkis,” tegasnya.

Baca Juga:  Rentetan Hasil Buruk MU, Neville: Karena Pelit Belanja Pemain 

Kevin Sanjaya juga mengucapkan terima kasih atas semua dukungan yang diberikan kepadanya dalam meraih beberapa deretan prestasi bersama Gideon. Kevin juga meminta maaf atas semua kekecewan yang ditimbulkan karena keputusan pensiun yang telah dibuatnya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini. Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini. Ketauilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa dibilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya,” Jelasnyab mengakhiri.

Kevin/Marcus kali pertama berpasangan di nomor ganda putra sejak 2015. Keduanya sempat menjelma duet maut yang sukses memenangi kejuaraan bergengsi hingga menyegel peringkat satu dunia. Gideon yang menjadi pasangan Kevin dalam menorehkan deretan prestasinya mengucapkan terimakasih dan mendoakan yang terbaik atas keputusan yang dibuat oleh Kevin Sanjaya.

“Selamat pensiun brooo!! Terima kasih buat sembilan tahun yang luar biasa. Sukses selalu broo di mana pun,” tulis Marcus di kolom komentar salam perpisahan Kevin Sanjaya di Instagram.

Penulis: Rizal l Editor: Apr

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda