Lifestyle

Kebiasaan yang Membuat Anda Sulit Tidur di Malam Hari

Jakarta, Deras.id – Memiliki kualitas tidur yang baik sangat penting bagi anda karena mempengaruhi suasana hati, tingkat energi, dan kesehatan anda secara keseluruhan. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur berkualitas selama tujuh jam atau lebih dengan jadwal yang teratur.

Kualitas tidur biasanya dipengaruhi oleh apa yang anda lakukan di siang hari, seperti aktivitas fisik atau makan dan minum yang dikonsumsi. Selain itu, aktivitas yang anda lakukan pada jam-jam sebelum tidur juga menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kualitas tidur.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat anda sulit tidur di malam hari:

  • Merokok

Nikotin adalah stimulan yang membuat sulit tidur dan dapat memperburuk insomnia. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak merokok saat mendekati waktu tidur. Selain itu, penghentian nikotin dapat menyebabkan anda bisa bangun lebih awal dari biasanya di pagi hari. Hal ini tidak hanya terbatas pada rokok tradisional, cerutu, rokok elektrik, rokok menggunakan pipa, maupun tembakau kunyah dapat membuat anda sulit tidur dan tetap terjaga.

  • Minum kopi dan teh
Baca Juga:  4 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa minum kopi sebelum tidur dapat membuat seseorang susah tidur. Satu cangkir kopi mengandung sekitar 95 miligram kafein yang dapat membuat anda tetap terjaga selama berjam-jam. Selain itu, teh juga menjadi sumber kafein seperti daun teh hitam atau teh hijau. Namun, minuman teh peppermint atau chamomile diketahui bebas kafein.

  • Mengonsumsi cokelat

Selain kopi dan teh, sumber kafein tersembunyi lainnya adalah coklat, terutama dark chocolate dengan kandungan kakao yang tinggi. Coklat juga mengandung theobromine stimulan, yang dapat meningkatkan detak jantung sehingga dapat menyebabkan anda sulit tidur. Dalam 50 gram porsi dark chocolate, mengandung sekitar 19 miligram kafein dan 250 miligram theobromine.

  • Makan sebelum tidur

Makan kenyang sebelum tidur atau di waktu yang terlalu dekat dengan jam tidur anda dapat membuat tidur menjadi tidak nyaman. Makanan pedas atau berlemak juga bisa berisiko membuat anda susah tidur. Hal ini terkait dengan naiknya asam lambung yang sering kali memburuk saat anda berbaring. Oleh karena itu, sebaiknya mengonsumsi makan malam setidaknya dua jam sebelum tidur. Jangka waktu tersebut memberi tubuh anda cukup waktu untuk mencerna makanan.

  • Menggunakan perangkat digital
Baca Juga:  Rekomendasi Hotel yang Terhubung dengan Mall. Cocok untuk Ide Libur Lebaran!

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perangkat elektronik, seperti smartphone atau bahkan menonton televisi sebelum tidur, dapat mengganggu kualitas tidur. Disarankan untuk menghindari menggunakan perangkat teknologi pemancar cahaya setidaknya satu jam sebelum waktu tidur. Cahaya biru yang dipancarkan oleh komputer, smartphone, tablet, dan TV dapat mencegah produksi melatonin yang sebenarnya membantu tubuh agar mengantuk.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda