Politik

Kaesang Menguat, PKB Konsisten Dukung Gus Yusuf di Pilgub Jateng

Jakarta, Deras.id – Kaesang Pangarep berpeluang menjadi calon gubernur Jawa Tengah. Sementara di Jakarta, peluang terbesar anak bungsu Presiden Jokowi itu adalah menjadi calon wakil gubernur.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro mengatakan, Kaesang memiliki modal elektabilitas di Jawa Tengah, sebagaimana terekam hasil survei terkini yang dikelurkan beberapa lembaga survei.

“Kalau pandangan dari sisi elektoral otomatis lebih berpotensi dia (Kaesang) menang di Jawa Tengah dan ini bisa membuat partai-partai melirik Kaesang sebagai calon yang potensial untuk dilirik bahkan direkomendasikan dibanding ketika dia maju di Jakarta sebagai calon gubernur,” kata Agung di Jakarta pada Selasa (9/7/2024).

”Beda halnya kalau misalkan tetap maju di Jakarta, maka arahnya yang paling realistis adalah calon wakil gubernur,” imbuhnya.

Alasan lain, Agung melihat keluarga Jokowi sudah lama menanamkan pengaruh di Jawa Tengah. Oleh karenanya, langkah Kaesang maju di Pilgub Jateng relatif lebih mudah ketimbang di Jakarta. Apalagi, Jokowi mempunyai putra sulung yang terpilih menjadi wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka.

Kaesang yang juga ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu juga dinilai memiliki akses yang cukup kuat dengan partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju.

”Suka atau tidak, kode keras ini menjadi penting dibaca oleh semua partai di KIM bahwa restu istana sudah turun. Istana in ikan berkuasa sampai 20 Oktober 2024, jadi mau enggak mau, menurut saya tidak ada pilihan dari KIM selain mendukung di manapun Kaesang akan maju Pilkada nanti,” ujar Agung.

Agung menjelaskan, apabila Kaesang tetap memaksakan maju di Pilkada Jakarta, Kaesang kemungkinan bakal melawan Anies Baswedan dengan elektabilitas yang moncer saat ini. Namun, peluang Kaesang maju sebagai cawagub juga dinilai masih menunggu kepastian dari kesepakatan dari partai yang tergabung dalam KIM.

Kuatnya elektabilitas Kaesang pun diakui Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Meski demikian, Gus Imin menegaskan bahwa partainya konsisten untuk mengusung Muhammad Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf di di Jawa Tengah.“Dari awal PKB mengusung Gus Yusuf,” jelas Gus Imin.

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik, elektabilitas Kaesang saat ini menempati posisi tertinggi dalam di bursa Pilgub Jateng. Survei tersebut dilakukan mellaui metode semi terbuka dengan menyodorkan 20 nama calon gubernur yang digadang-gadang akan maju di Pilgub Jawa Tengah.

Penulis: Fia l Editor: Muhibudin Kamali

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda