Olahraga

Jalan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

Jakarta, Deras.id- Setelah gagal meraih tiket Olimpiade Paris 2024, Persatuan Sepak Bola Seluruh indonesia (PSSI) mengalihkan fokus ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang kembali digelar pada 6 Juni mendatang. Timnas Indonesia kembali akan bertemu Irak dalam upaya melenggang ke babak ketiga demi merebut tiket Piala Dunia 2026.

Pada babak ketiga kualifikasi tersebut tiket putaran final Piala Dunia 2026 sudah mulai bisa didapatkan.  Asian Football Federattion (AFC) mendapatkan jatah delapan tiket lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Selain itu ada satu tiket tambahan yang diperebutkan melalui zona play off antar benua. Artinya, ada 9 tiket yang bisa diperebutkan negara-negara AFC untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2026, termasuk Indonesia.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia juga dijadikan wadah bagi anggota AFC merebut tiket lolos ke Piala Asia 2027. AFC membagi format kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dalam lima putaran. Putaran pertama, 22 tim (peringkat 26–47 Asia) bermain kandang-tandang dalam dua leg. Sebanyak 11 tim yang menang di tahap ini akan melaju ke putaran kedua.

Putaran kedua, 36 tim (25 dari peringkat 1-25 Asia + 11 tim dari putaran pertama) dibagi dalam sembilan grup yang masing-masing terdiri atas empat tim. Mereka akan bertanding dengan format kandang-tandang. Pada babak ini, 18 tim (juara dan runner up grup) akan melaju ke putaran ketiga. Saat ini Indonesia sudah berada di tahap akhir putaran kedua. Indonesia berada di peringkat kedua dengan poin 7 dan menyisakan dua pertandingan kandang yakni kontra Irak (6 Juni) dan Filipina (12 Juni). Jika mendapatkan satu kemenangan lagi, Indonesia akan melaju ke babak ketiga.

Baca Juga:  Miami Heat Lolos ke Final NBA 2023 Setelah Singkirkan Celtics

Pada babak ketiga, 18 tim dibagi ke dalam tiga grup yang terdiri atas enam tim untuk memainkan pertandingan kandang-tandang. Dua tim teratas dari setiap grup langsung lolos ke Piala Dunia 2026, sementara tim urutan ketiga dan keempat dari setiap grup maju ke putaran keempat. Pada putaran keempat, enam tim dari putaran ketiga akan dibagi ke dalam dua grup berisi masing-masing tiga tim. Mereka akan bertanding dalam format setengah kompetisi di mana masing-masing juara grup akan lolos ke Piala Dunia 2026. Runner up melaju ke putaran kelima sedangkan peringkat ketiga gugur. Pada putaran kelima, runner up grup dari putaran keempat akan kembali diadu dalam pertandingan play off untuk menentukan siapa yang menjadi wakil Asia untuk play off antar konfederasi atau kontinental.

Peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke babak ketiga sangat terbuka lebar. Skuad Garuda hanya membutuhkan satu kemenangan untuk memastikan diri lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia diketahui telah melakukan beberapa persiapan penguatan skuad demi membalaskan kekalahan memalukan 1-5 atas Irak pada leg pertama. Indonesia kembali telah menaturalisasi pemain keturunan yang dinilai mampu memberikan kekuatan tambahan Squad Garuda. Diketahui, Maarten Paes, Calvin Verdonk dan Jens Raven telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah merampungkan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2024) lalu. Namun calon kiper nomor satu Timnas Indonesia, Maarten Paes masih perlu memenuhi beberapa syarat untuk dapat melakukan debut membela Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Indonesia Bantai Timnas Vietnam: Akhiri Kutukan 20 Tahun di Stadion My Dinh Hanoi

Lebih lanjut Shin Tae Yong diprediksi akan memanggil anak asuhnya di kelompok umur 23 tahun yang telah tampil cukup meyakinkan pada gelaran Piala Asia U-23 Qatar. Pemain-pemain tersebut adalah Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Rafael Struick, Nathan Tjoe Aon, Justin Hubner, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Ferrari dan Ramadhan Sananta.

Pengamat sepak bola, Ronny Pangemanan menyebut Indonesia akan mampu meredam agresifitas permainan Irak. Hal tersebut karena skuad Indonesia saat ini dinilai semakin kuat seiring bergabungnya beberapa pemain keturunan seperti Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Jay Idzes.

“Dan lagi Irak sudah lolos ke babak ketiga berkat tiga kali kemenangan. Kemungkinan mereka tidak akan terlalu ngotot dan bisa jadi akan menurunkan pemain usia muda,” ujar Ronny Pangemanan seperti dikutip dari kanal Youtube Bung Ropan.

Baca Juga:  Joao Felix Dikabarkan Merapat ke Chelsea

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, mengatakan bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akan memulai persiapan pada 27 Mei 2024 untuk lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sementara para pemain naturalisasi atau abroad diharapkan dapat tiba di Jakarta pada keesokan harinya.

“Jadi, saya sudah diskusi dengan coach Shin Tae-yong. Akhir bulan ini Timnas Indonesia bakal berkumpul. Ini kan kalender FIFA. Aman lah,” ujar Sumardji di Jakarta.

“Sebelum melawan Irak sempat ada diskusi, PSSI kemungkinan akan menyiapkan uji coba dan kalau jadi karena waktunya mepet. Kalau jadi mungkin pada 2 Juni 2024. Kami sedang pikirkan lawannya,” terang Sumardji menambahkan.

Saat ini Indonesia berada di posisi kedua klasemen dan dalam jalur yang tepat untuk melaju ke babak selanjutnya. Shin Tae-yong menjelaskan tugas selanjutnya adalah membawa timnas Indonesia lolor putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

“Kalau tugas yang terdekat tentunya persiapan menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua dan lolos ke putaran ketiga,” kata Shin Tae-yong.

Penulis: Rizal l Editor: Apr

 

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda