Lifestyle

Inilah bahaya membawa Handphone ke Toilet

Jakarta, Deras.id – Handphone kini sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi umat manusia. Benda kecil itu memberikan banyak manfaat sehingga sulit untuk lepas dari keseharian manusia. Bahkan ketika pergi ke toilet sekalipun juga membawa Handphone. Padahal ada beberapa risiko yang akan didapatkan jika membawa Handphone ke toilet ketika buang air besar.

Berikut bahaya membawa handphone di toilet:

  • Handphone akan terkena dan membawa kuman

Toilet adalah sarang kuman. Sehingga ketika membawa Handphone ke toilet, maka kemungkinan besar kuman akan menempel juga di Handphone. Handphone yang sudah terkena kuman, ketika dibawa ke luar toilet, maka bisa menyebarkan kuman ke benda-benda lainnya.

  • Menyebabkan sembelit

Selain sembelit, terlalu lama duduk di toilet karena asik memainkan HP bahkan lebih dari 30 menit bisa menyebabkan wasir. Hal ini terjadi karena tubuh menjadi bingung dan terbiasa dengan sesi yang lama di kamar mandi. Wasir pada dasarnya adalah pembuluh darah yang meradang di dekat area anus yang bisa berdarah dan bisa terasa sangat gatal dan nyeri.

  • Dapat menganggu proses buang air besar
Baca Juga:  Mengenal Tren Jeans Terbaru

Menggunakan Handphone di toilet dapat mengganggu respons tubuh terhadap tinja, karena disarankan untuk tidak duduk di toilet selama lebih dari 10 menit. Tetapi ketika terlalu asik memainkan Handphone, maka akan memperpanjang waktu hingga 20-30 menit, sehingga hal ini dapat menimbulkan masalah dalam proses buang air besar.

  • Menyebabkan wasir

Selain sembelit, terlalu lama duduk di toilet karena asik memainkan Handphone bahkan lebih dari 30 menit bisa menyebabkan wasir. Hal ini terjadi karena tubuh menjadi bingung dan terbiasa dengan sesi yang lama di kamar mandi. Wasir pada dasarnya adalah pembuluh darah yang meradang di dekat area anus yang bisa berdarah dan bisa terasa sangat gatal dan nyeri.

  • Menyebabkan stress

Waktu di toilet terkadang menjadi satu-satunya waktu untuk beristirahat dari pekerjaan dan kesibukan. Namun saat membawa Handphone ke toilet, otak tidak akan beristirahat dan terus mengonsumsi informasi, dan hal itu bisa membuat stres.

  • Kehilangan informasi atau data penting
Baca Juga:  Macam-macam Peci Pelengkap Pakaian Muslim

Ketika membawa Handphone ke toilet, maka akan memungkinkan Anda kehilangan informasi atau data penting. Hal ini bisa terjadi jika Handphone tidak sengaja masuk ke lubang kloset, dan akan lebih parah jika Handphone mati dan harus diriset ulang. Sehingga membuat Kamu kehilangan data-data penting di Handphone.

  • Membuang waktu

Tentunya, membawa Handphone saat proses buang air besar sehingga berlama-lama karena keasikan bermain Handphone akan membuat banyak waktu yang terbuang. Ketika selesai membuang hajat, Anda bisa melakukan kegiatan lainnya. Namun ketika membawa ponsel, akan menyebabkan lupa waktu.

Penulis: Liz l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda