EntertaimentNasional

Harta Harvei Moeish Diusut Usai Ditetapkan sebagai Tersangka

Jakarta, Deras.id – Harvey Moeis telah ditetapkan sebagai salah satu tersangka korupsi timah. Selanjutnya harta suami Sandra Dewi itu akan diusut sebagai upaya untuk penegakan hukum dan akan dilakukan penggeledahan serta penyitaan.

“Tim penyidik tentu melakukan upaya proses penyitaan terhadap harta benda dari para tersangka. Terkait harta benda, penyitaan, penggeledahan termasuk upaya-upaya hukum lain,” ujar Ketut Sumedana, Kapuspenkum Kejaksaan Agung melalui aplikasi Zoom, Kamis (28/3/2024).

“Dalam rangka asset tracing. Asset tracing itu apa? Pencarian terhadap harta benda, penyitaan, penggeledahan termasuk upaya upaya penegakan hukum lain,” lanjutnya.

Suami Sandra Dewi itu diduga terlibat kasus korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambanagn (IUP) PT Timah TBK periode 2015 hingga 2022. Dalam proses penangkapan ini pun kejaksaan sudah mengantongi bukti-bukti bahwa lelaki 38 tersebut terlibat kasus korupsi.

Baca Juga:  KPK Panggil 3 Eks Anggota DPRD DKI Jakarta soal Kasus Pengadaan Tanah di Pulogebang

Harvey Moeis ditangkap, usai perempuan dengan julukan crazy rich Helena Lim tertangkap. Diketahui hingga saat ini bahwa terdapat 16 tersangka sehingga bisa disebut sebagai korupsi berjamaah. Sebagai Kapuspenkum Kejagung Sumedana tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi jika memang dalam penyelidikan ditemukan bukti lain.

“Ini apakah (korupsi) berjemaah? Iya, buktinya kita sudah mendapatkan 16 orang (tersangka),” kata Sumedana.

“Saya belum bisa menyatakan seperti itu ya. Tetapi kami akan bekerja dalam waktu dekat mungkin ada lagi, kita lihat,” jawabnya.

Saat ini Harvey Moeis telah ditahan di Rutan Salemba, untuk kepentingan penyidikan dirinya akan ditahan selama 20 hari ke depan. Kejagung juga menjelaskan bahwa Harvei Moeis telah menerima uang-uang dari perusahaan swasta yang terlibat dalam kegiatan pertambangan.

Baca Juga:  Dituding Oplas, Siti Badriah Malah Bangga

“Kita akan melakukan penyitaan terhadap para tersangka ini sebanyak apa yang ditimbulkan kerugian negaranya. Jadi simpel, yang disita itu adalah berapa yang mereka nikmati,” ujar Sumedana.

Mengenai Sandra Dewi, banyak yang bertanya-tanya apakah dirinya terlibat dalam kasus korupsi suaminya. Hal ini pun dijawab oleh Sumedana bahwa tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa terjadi. Dalam kondisi ini diketahui bahwa Harvey Moeis masih belum boleh dijenguk oleh keluarga termasuk istrinya.

Penulis: Una l Editor: Ifta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda