Lifestyle

Dampak Negatif Seseorang yang Merasa Kesepian

Jakarta, Deras.id – Secara umum, orang-orang mendefinisikan kesepian sebagai keadaan menyendiri atau sedang sendirian. Namun faktanya, kesepian sebenarnya adalah keadaan pikiran yang menyebabkan orang merasa hampa, merasa sendiri, dan tidak diinginkan. Orang yang kesepian sering kali mendambakan kontak antarmanusia, tetapi keadaan pikiran mereka membuat mereka lebih sulit menjalin hubungan dengan orang lain.

Kesepian ditandai dengan perasaan terisolasi meski menginginkan hubungan sosial. Ini sering dipersepsikan sebagai pemisahan yang tidak diinginkan, penolakan, atau diabaikan oleh orang lain. Sedangkan kesendirian bersifat sukarela. Beberapa orang senang menghabiskan waktu sendirian, namun tetap memelihara hubungan sosial positif. Mereka tetap menghabiskan waktu bersama orang lain, namun interaksi tersebut diimbangi dengan jangka waktu untuk sendirian. Kesepian adalah emosi universal manusia yang kompleks dan unik pada setiap individu. Para peneliti berpendapat bahwa kesepian dikaitkan dengan isolasi sosial, keterampilan sosial yang buruk, introvert, dan depresi.

Baca Juga:  Biar Nggak Bosan di Jalan, Film Ini Cocok Ditonton saat Mudik Balik

Seseorang yang merasa kesepian, tidak harus ketika sedang menyendiri. Ia bisa merasa kesepian meskipun dikelilingi oleh orang lain di sekitarnya. Dampak negative kondisi kesepian:

Kesepian mempunyai berbagai macam dampak negatif, baik terhadap kesehatan fisik maupun mental. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan
  • Perubahan fungsi otak
  • Perkembangan penyakit alzheimer
  • Perilaku antisosial
  • Penyakit kardiovaskular dan stroke
  • Penurunan daya ingat dan pembelajaran
  • Depresi dan keinginan untuk mengakhiri hidup
  • Peningkatan tingkat stres
  • Pengambilan keputusan yang buruk.

Orang dewasa yang kesepian juga cenderung lebih sedikit berolahraga, memiliki pola makan tinggi lemak, dan tidur yang kurang efisien Kesepian juga mengganggu regulasi proses seluler jauh di dalam tubuh, sehingga membuat orang yang kesepian rentan mengalami penuaan dini. Sejalan dengan itu, dilansir dari laman Australian Institute of Professional Counsellors, seseorang yang merasa kesepian memiliki pola tidur dan makan yang buruk. Hal tersebut kemudian berpengaruh terhadap penurunan proses pemulihan tubuh, sehingga mereka lebih rentan terhadap penyakit atau menjadi sakit karena stres. Kesepian juga terlihat mempunyai dampak negatif terhadap pembelajaran dan kapasitas memori. Penarikan diri dari pergaulan merupakan konsekuensi signifikan dari kesepian.

Baca Juga:  Ini dia Tanda Anda Butuh Untuk Mengganti Brush Make Up

Kondisi tersebut mungkin tidak disadari oleh mereka yang merasa kesepian, karena semakin mundur dan menjauh dari situasi sosial. Mereka cenderung memiliki perasaan tidak mampu berkontribusi, karena tingkat pemahaman diri, harga diri, dan kepercayaan diri yang buruk atau kurang berkembang. Isolasi sosial adalah dampak negatif lain dari kesepian. Ini adalah kondisi di mana seseorang tidak lagi merasa nyaman atau percaya diri untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Orang yang merasa kesepian kehilangan kemampuan untuk terhubung dan berinteraksi dengan orang lain sehingga mengakibatkan isolasi. Depresi juga meningkat dari waktu ke waktu di antara peserta dengan skor kesepian yang lebih tinggi. Ini menandakan bahwa kesepian saat ini mungkin menjadi penanda depresi di masa depan.

Baca Juga:  KPK Tangguhkan Penahanan Lukas Enembe Alasan Kesehatan

Penulis: Liz l Editor: Apr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda